Home Nasional Demo Tolak Kenaikan BBM, KASBI dan Mahasiswa Mulai Padati Kawasan Patung Kuda

Demo Tolak Kenaikan BBM, KASBI dan Mahasiswa Mulai Padati Kawasan Patung Kuda

Jakarta, Gatra.com - Selang dua minggu sudah pemerintah telah menetapkan kenaikan harga subsidi BBM, aksi unjuk rasa oleh berbagai lapisan masyarakat belum mereda. Kali ini, aksi unjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat kembali berbondong-bondong mendatangi Gedung DPR RI dan Kawasan Patung Kuda guna menyuarakan kekecewaan mereka terhadap keputusan pemerintah.

Baca JugaDemo BBM Panas, Polisi Merapatkan Barisan

Hari ini (13/9), perwakilan dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) terpantau telah memadati kawasan seputaran Bank Indonesia pukul 12.17 WIB. Terdapat 10 tuntutan yang mereka ajukan yaitu sebagai berikut menghapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing, menolak upah murah, melaksanakan hak buruh perempuan serta melindungi buruh migran Indonesia, dan lain sebagainya.

Kemudian mulai pukul 12.26 WIB Mahasiswa Universitas Esa Unggul yang berjumlah 50 orang mulai menyusul dan membentuk barisan bersama KASBI yang berjumlah ribuan.

Mereka mulai menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil mengepalkan tangan kirinya. "Hidup Indonesia!" Seru massa aksi yang memadati kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta, tersebut.

Dari beberapa orasi yang disampaikan, mereka turut menyinggung soal keadilan hukum yang dirasa kurang adil bagi mereka. Untuk itulah mereka berharap adanya perubahan hukum yang lebih baik di Indonesia.

Sebelumnya dari Kepolisian sendiri menurut pantauan dari Gatra.com pada pukul 10.50 WIB terpantau sudah mulai berjaga di sekitar Patung Kuda dan pembatas jalan serta pagar kawat duri mulai disusun untuk membatasi antara demonstran dengan polisi.

Baca jugaUnjuk Rasa Kenaikan BBM Berlanjut, Kalangan Buruh Siap Buat Petisi

Berdasarkan keterangan dari Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan jika anggota personil dari Kepolisian sebanyak 6.142 yang diterjunkan untuk mengamankan demo hari ini di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (13/9)

"Sama seperti kemarin, Kekuatan personel pengamanan diturunkan 6.142 personel," ujar Zulpan kepada wartawan.