Home Sumbagteng PUPR Batanghari Genjot Perbaikan Jalan hingga Akhir Tahun

PUPR Batanghari Genjot Perbaikan Jalan hingga Akhir Tahun

Batanghari, Gatra.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Batanghari,  Zulkifli mengatakan kerusakan ruas jalan Kabupaten Batanghari, Jambi hingga kini sepanjang 71,114 km. 

Zulkifli memberi jaminan jika kerusakan itu dapat ditangani akhir tahun ini. Bupati dan Wakil Bupati Batanghari pun sudah menyiapkan anggaran perbaikan jalan bersumber dari APBD 2022 sebesar Rp65 miliar.

“Sumber duit perbaikan jalan juga akan mengucur dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp29 miliar dan pinjaman daerah sebesar Rp184 miliar,” katanya, Selasa (13/9).

Baca Juga: Warga Jambi Berharap Anggota DPRD Serap Kebutuhan Masyarakat

Zulkifli menjelaskan bahwa dari dana yang teralokasi itu dapat dibagi tiga kegiatan jalan yang didanai yakni DAK Rp29 miliar. Kemudian untuk APBD sebesar Rp65 miliar dan pinjaman daerah Rp184 miliar

Ia mengungkapkan pembangunan jalan bersumber DAK terbagi dalam tiga kegiatan. Pertama pembangunan ruas Jalan Simpang Jambi - Desa Sungkai. Kedua, pembangunan Jalan Terusan - Ujung Jabung. 

"Ketiga  pembangunan ruas Jalan Sekati Baru - Bukit Harapan. Sedangkan kegiatan bersumber dari APBD berjumlah 13 proyek, diantaranya Karya Bakti dan Swakelola," katanya.

Baca Juga: Gelontorkan Rp9,5 Miliar, Pemkot Jambi Bangun 4 Jembatan

Sedangkan pembangunan ruas jalan bersumber dari pinjaman daerah sebesar Rp184 miliar itu terbagi atas 11 paket proyek. 

Ia berharap adanya pembangunan jalan ini mampu mengatasi kerusakan jalan di Kabupaten Batanghari sepanjang 71,114 kilometer.

"Target akhir tahun 2022 ini, jalan sudah teratasi di atas 40 persen. Jenis pembangunan jalan terbagi ada pengerasan, rigit beton dan aspal," ucapnya.

Kalau dibagi berdasarkan kegiatan yang ada pada Dinas PUPR Kabupaten Batanghari, lanjut Zulkifli ada rehabilitasi jalan, ada pembangunan jalan dan ada rekonstruksi jalan. 

"Paling panjang adalah pembangunan Jalan Kilangan - Desa Pompa Air 7,8 kilometer dalam bentuk aspal," ujarnya.