Home Hiburan Film Ngeri-ngeri Sedap Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2023

Film Ngeri-ngeri Sedap Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2023

Jakarta, Gatra.com – Kabar menggembirakan menghampiri industri perfilman Tanah Air. Pasalnya, film Ngeri-ngeri Sedap terpilih menjadi perwakilan Indonesia di ajang Piala Oscar 2023 atau dikenal juga dengan nama Academy Award, kali ini yang ke-95.

Baca Juga: Zendaya Hingga Squid Game Berjaya di Emmy Awards 2022, Berikut Daftar Lengkap Pemenangnya

Film besutan sutradara Bene Dion Rajagukguk ini akan mewakili Indonesia dalam kategori Best International Feature Film. Bene mengaku kaget sekaligus bangga mendengar kabar ini.

“Enggak menyangka dan tentunya senang dengan kabar baik ini. Semoga [tokoh] Pak Domu sekeluarga juga berkesan bagi Oscar. Semoga adat Batak semakin dikenal dunia,” ungkap Bene pada Rabu, (14/9/2022).

Di sisi lain, sang produser Dipa Andika juga tak kalah antusias dengan kabar menggembirakan ini. Pencapaian ini di luar ekspektasinya lantaran pada saat awal mula penggarapan film ini, ia hanya berharap film ini diterima oleh masyarakat Indonesia, tanpa mencapai perhatian global.

Baca Juga: Festival Film Wartawan Indonesia Siap Nilai 123 Judul Film, ‘Sri Asih’ Gagal Masuk Penjurian

“Apa yang terjadi saat ini sudah di luar dugaan. Mendapatkan 2,8 juta penonton dan sekarang lolos mewakili Indonesia untuk Oscar 2023. Semga karya yang kami buat ini bisa membanggakan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Dipa.

Lolosnya film Ngeri-ngeri Sedap ke ajang Oscar 2023 ini sudah melalui berbagai tahapan yang dijalankan oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022. Sejumlah 7 dari 9 anggota komite tersebut sepakat memutuskan film ini yang akan mewakili Indonesia di Oscar mendatang.

Film Ngeri-ngeri Sedap sendiri merupakan film bertema drama keluarga. Film ini merupakan hasil karya perdana dari rumah produksi Imajinari yang bekerja sama dengan Visionari Film Fund.

Tayang perdana pada 2 Juni 2022 lalu, Ngeri-ngeri Sedap dengan cepat menarik jutaan pasang mata publik Tanah Air. Sejauh ini, film ini tercatat sudah ditonton oleh sebanyak 2,8 juta penonton.