Home Olahraga Roger Federer Pensiun, Masih Pegang Sejumlah Rekor Fantastis

Roger Federer Pensiun, Masih Pegang Sejumlah Rekor Fantastis

Basel, Gatra.com - Petenis legendaris Roger Federer mengumumkan akan pensiun akhir bulan ini. Laver Cup yang berlangsung berlangsung 23-25 September, akan menjadi turnamen ATP yang akan dia ikuti.

“Sekarang saya harus menyadari kapan waktunya untuk mengakhiri karier kompetitif. Kepada tenis, saya mencintaimu dan tak akan pernah meninggalkanmu,” ungkap Federe dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: Jose Mourinho: Penyerang Harus Kejam

Pria kelahiran 8 Agustus 1981 ini mengawali kariernya di dunia tenis, pada usia 16 tahun pada 1998 silam. Dia berhasil meraih Grand Slam pertamanya di Wimbledon 2003. "Ini adalah keputusan yang pahit karena saya akan merindukan semua yang telah diberikan oleh Tour. Tapi pada saat yang sama, ada begitu banyak hal untuk dirayakan,” sebut pria bekerbangsaan Swiss ini.

Federer sejauh ini menjadi salah satu petenis tersukses di dunia. Selama kariernya, dia memenangi 20 titel Grand Slam. Hanya Rafael Nadal (22 gelar) dan Novak Djokovic (21) yang mengoleksi lebih banyak gelar tertinggi tenis itu.

Meski demikian, sejumlah rekor yang fantastis masih dipegang Federer. Catatan Opta, Federer adalah petenis terlama pria yang mampu duduk di peringkat pertama dunia, sejak sistem ini diterapkan 1973.

Baca Juga: Lewandowski Mati Kutu, Bayern Munchen Bungkam Barcelona

Federer melakukannya selama 237 pekan. Dia masih unggul dari Jimmy Connors (160), Ivan Lendl (157), Novak Djokovic (122), maupun Pete Sampras selama 102 pekan.

Dia juga menjadi satu-satunya pemain pria yang mampu mencapai 10 final Grand Slam berturut-turut di Era Terbuka. Itu dia lakukan antara Wimbledon 2005 hingga AS Terbuka 2007.

Selain itu, Federer merupakan petenis yang mampu meraih kemenangan terbanyak selama pertandingan ajang Grand Slam. Federer telah mencatatkan 369 kemenangan. Lebih banyak dari Novak Djokovic (334), Rafael Nadal (313), Jimmy Connors (233), dan Andre Agassi sebanyak 224 kemenangan.