Home Kesehatan Pasien Pertama Cacar Monyet Sudah Sehat, Sudah Tak Lagi Menularkan

Pasien Pertama Cacar Monyet Sudah Sehat, Sudah Tak Lagi Menularkan

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan bahwa pasien pertama cacar monyet (monkeypox) di Indonesia telah dinyatakan sehat, setelah sebelumnya terdeteksi positif pada pertengahan Agustus 2022 lalu.

Pasien tersebut dilaporkan telah sembuh sejak 4 September silam, dan telah merampungkan periode isolasi mandiri.

"(Orang) yang dinyatakan positif pada 19 Agustus dan melakukan isolasi mandiri, karena gejalanya ringan, alhamdulillah pada tanggal 4 September dinyatakan selesai," ungkap Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam konferensi pers, Jumat (16/9).

Baca jugaKemenkes Ungkap Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia

Dengan demikian, pasien tersebut kini sudah dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala. Tak hanya itu, Syahril juga memastikan bahwa pasien tersebut dipastikan sudah tidak lagi menularkan virus cacar monyet kepada orang-orang di sekitarnya.

"(Beliau) dinyatakan selesai isolasi dan sekarang sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa," jelas Syahril dalam kesempatan tersebut.

Selain itu, Syahril juga mengonfirmasi bahwa tiga orang yang terdeteksi memiliki kontak erat dengan pasien dinyatakan sehat. Ketiganya bahkan tidak menunjukkan gejala pasien suspek atau positif cacar monyet, setelah pemerintah melakukan testing (pengujian) dan surveilans (pengamatan secara kontinyu) terhadap ketiganya.

Baca jugaMenkes: Penularan Cacar Monyet Tidak Seseram Covid

"(Orang) yang kontak erat ada tiga orang dan dilakukan juga testing dan surveilans, semuanya sehat. Jadi, tidak ada yang konfirmasi atau bergejala, diduga atau suspek monkeypox," ungkap Syahril dalam kesempatan tersebut.