Home Politik Demokrat Beri Sinyal Koalisi Nasdem-PKS, Usung Anies Presiden?

Demokrat Beri Sinyal Koalisi Nasdem-PKS, Usung Anies Presiden?

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam pidato kebangsaannya pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) menyatakan, Demokrat saat ini tengah membangun komunikasi yang intens bersama dua partai politik lain, yang memiliki visi politik serupa dengan Demokrat.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, sudah menjadi rahasia umum bahwa kedua partai politik tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem.

Baca juga: AHY Beri Sinyal Pasangan Capres-Cawapres Usungan Demokrat

"Secara implisit, memang Mas AHY sudah menyatakan bahwa (Demokrat) sedang melakukan komunikasi yang intens dengan dua partai. Sudah menjadi rahasia umum bahwa partai yang dua itu kan yaitu NasDem dan PKS," ujar Syarief Hasan, saat ditemui di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat (16/9).

Dengan demikian, kata Syarief, apa yang AHY katakan dalam Rapimnas, merupakan penegasan kembali bahwa komunikasi antara ketiga partai politik tersebut masih berjalan dengan baik. Hanya saja, nama-nama partai politik tersebut tidak disebutkan dalam Rapimnas, karena belum menyentuh tahap final secara keseluruhan.

"Penyebutan nama, saya pikir karena memang belum final semuanya, masih dalam taraf penyatuan platform partai-partai koalisi, karena koalisi lain juga belum final kan, baru sekedar wacana, dan sebagainya," jelas Syarief dalam kesempatan tersebut.

Baca juga: Maju Capres, Anies Dijegal Genderuwo, Kata Benny K Harman

Di sisi lain, terkait usungan nama pasangan Capres-Cawapres, Syarief mengungkapkan bahwa Anies memenuhi sejumlah aspek kriteria pemimpin dalam visi Demokrat, yakni pemimpin yang memiliki integritas, kapasitas, dan kompetensi yang tinggi.

"Secara implisit juga, memang Partai Demokrat menginginkan agar bangsa ini dipimpin oleh orang yang memiliki integritas dan kapasitas dan kompetensi yang tinggi. Karena kan ke depan ini kan indonesia memuat banyak sekali tantangan yang harus diselesaikan," kata Syarief.

Lebih jauh, ia juga tak menampik adanya kemungkinkan untuk memasangkan Anies Baswedan dengan AHY dalam Pilpres 2024 nanti. Bahkan, ia juga menyebut nama Anies telah sedikit-banyaknya beredar dan didengar di Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Memang, sudah sebagian beredar. Beliau (Anies) punya wawasan bagus dan punya chemistry dengan AHY, tapi ini masih taraf finalisasi," ungkap Syarief.

Baca juga: AHY Soroti Pembangunan IKN dan Kereta Super Cepat Jakarta-Bandung

Sementara itu, Syarief mengungkapkan bahwa penetapan nama-nama partai koalisi dan penentuan nama Capres-Cawapres yang diusung oleh Partai Demokrat pada Pilpres 2024 kemungkinan akan diumumkan dalam waktu dekat. Ia menekankan, Demokrat akan lebih dulu melakukan koalisi dengan sejumlah partai politik, sebelum akhirnya berupaya meningkatkan elektabilitas di kemudian hari.

"Doakan saja (supaya) tidak lama lagi. Kan Oktober, kan kita masih punya waktu banyak. Tidak usah buru-buru. Insya Allah tidak lama lagi. Yang penting koalisi dulu dan elektabilitas ditingkatkan," ujar Syarief.