Home Politik AHY Beri Sinyal Pasangan Capres-Cawapres Usungan Demokrat

AHY Beri Sinyal Pasangan Capres-Cawapres Usungan Demokrat

Jakarta, Gatra.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi sinyal kriteria pasangan Capres dan Cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, pasangan calon pemimpin Indonesia itu harus memiliki integritas, kapasitas, serta elektabilitas yang kuat.

"Adapun terkait kriteria Capres dan Cawapres, di samping harus memiliki integritas dan kapasitas, pasangan itu juga harus memiliki elektabilitas, atau dukungan terkuat dari rakyat," ujar AHY dalam pidato kebangsaannya pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Jakarta, Jumat (16/9).

Baca Juga: Jangan Jemawa, Demokrat Juga Emoh Koalisi dengan PDIP

Secara garis besar, Agus mengatakan bahwa Demokrat ingin agar pasangan Capres-Cawapres usungan mereka kelak memiliki visi yang sejalan dengan tema perjuangan politik Demokrat untuk Pilpres 2024, yakni perubahan dan perbaikan.

Sebagai catatan, AHY pun menambahkan kriteria yang menurutnya tidak kalah penting dibanding tiga kriteria sebelumnya. Kriteria tersebut adalah "chemistry" di antara kedua pasangan calon.

"Tak kalah pentingnya, pasangan (Capres-Cawapres) ini harus memiliki chemistry," ujar AHY.

Dengan kata lain, papar Agus, pasangan tersebut harus memiliki kekuatan hati dan energi untuk saling percaya, menghargai, menguatkan, dan melengkapi. Ia pun menyampaikan bahwa Demokrat sejatinya ingin membangun pemerintahan bersama dengan semangat dwitunggal.

Meski begitu, Agus menekankan bahwa Demokrat saat ini siap untuk mengusung kader utama mereka agar dapat menjadi bagian dari pasangan Capres-Cawapres yang diusung di kemudian hari.

"Demokrat siap untuk memperjuangkan kader utamanya, menjadi bagian dari pasangan Capres-Cawapres yang diusung," katanya.

Baca Juga: Kisruh Pendukung AHY: Rebutan Ketua Demokrat DIY, Dituding Main Politik Uang

Sementara itu, terkait koalisi dengan partai politik lain, AHY pun menyatakan bahwa saat ini Demokrat tengah menjalin komunikasi intens dengan dua partai politik lain untuk menghadapi Pilpres 2024 mendatang.

"Dua partai yang juga memiliki semangat dan energi perubahan untuk Indonesia yang lebih baik," tegas AHY.