Home Kebencanaan Amuk Topan Super Paksa 4 Juta Warga Jepang Mengungsi

Amuk Topan Super Paksa 4 Juta Warga Jepang Mengungsi

Tokyo, Gatra.com- Sedikitnya empat juta orang di Jepang selatan diperintahkan untuk mengungsi ketika topan yang kuat melanda wilayah tersebut. Badai itu membawa angin kencang dan hujan lebat yang menyebabkan pemadaman listrik dan melumpuhkan transportasi darat dan udara. Demikian Al Jazeera, 18/09.

Topan super itu berada di dekat pulau selatan Yakushima, dengan kecepatan angin permukaan maksimum 162 km/jam (101mph) saat perlahan-lahan menuju utara ke Kyushu, pulau terbesar ketiga dan paling selatan di negara itu, di mana ia bisa mendarat di kemudian hari, Badan Meteorologi Jepang mengatakan pada Minggu.

Penyiar NHK mengatakan pihak berwenang setempat telah memerintahkan empat juta orang yang tinggal di Kyushu untuk mengungsi, dengan JMA memperkirakan bahwa pulau itu dapat menerima hujan sebanyak 500 mm (20 inci) dan hembusan angin hingga 250 km/jam (155mph).

Badan tersebut juga memperingatkan penduduk di daerah yang terkena dampak banjir, tanah longsor, serta tingkat angin dan gelombang yang "belum pernah terjadi sebelumnya", dan mendesak mereka untuk mengungsi lebih awal.

Pihak berwenang setempat telah melaporkan tidak ada kerusakan besar atau cedera sejauh ini. Sabtu ini, 17 September 2022 citra satelit yang dirilis oleh NASA menunjukkan Topan Nanmadol, yang mendekati barat daya Jepang.

Di prefektur Kagoshima yang terkena dampak parah, lebih dari 9.000 penduduk berlindung di pusat-pusat evakuasi pada hari Minggu. Di prefektur Miyazaki yang berdekatan, 4.700 orang lainnya dievakuasi.

Kyushu Electric Power Co mengatakan lebih dari 93.000 rumah di seluruh pulau itu tanpa listrik pada Minggu karena kerusakan pada fasilitas saluran listrik.

Rekaman di televisi NHK menunjukkan ruang pinball pachinko dengan sebagian dinding kacanya hancur oleh hembusan angin di kota Kanoya di Kagoshima. Di tempat lain di prefektur, seorang wanita tua menderita luka ringan saat dia jatuh, kata NHK.

Ratusan penerbangan domestik masuk dan keluar dari wilayah tersebut telah dibatalkan dan lebih banyak lagi yang direncanakan akan dilarang terbang di Jepang barat hingga Selasa saat topan menuju timur laut, menurut Japan Airlines dan All Nippon Airways.

Transportasi umum, termasuk kereta api dan bus, di Kagoshima dan Miyazaki ditangguhkan sepanjang hari Minggu. Operator kereta api mengatakan kereta peluru di Kyushu telah ditangguhkan.

Badai diperkirakan akan membelok ke timur dan melewati pulau utama Jepang Honshu awal pekan depan sebelum pindah ke laut pada Rabu.