Home Olahraga KONI Pusat : Jateng Miliki Peluang Besar Naik Peringkat 4 Besar PON 2024

KONI Pusat : Jateng Miliki Peluang Besar Naik Peringkat 4 Besar PON 2024

Semarang, Gatra.com - Jawa Tengah (Jateng) memiliki peluang besar untuk naik keperingkat empat besar pada PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 2024.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno pada Rapat Kerja Provinsi KONI Jateng tahun 2022 di Hotel Grand Candi Semarang, Senin (19/9).

“Jateng punya banyak potensi cabang olahraga seperti angkat besi, panjat tebing, dan balap sepeda, sehingga untuk meraih peringkat empat besar pada PON XXI di Aceh dan Sumut mendatang sangat besar,” katanya.

Baca juga: Parah! Bukan Santet, Bukan Sihir, Dokter Keluarkan 50 Baterai AA dan AAA dari Perut Wanita Ini 

Seperti diketahui pada PON XX di Papua 2021 kontingan Jateng merosot di peringkat keenam di bawah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Papua, danm Bali.

Untuk naik bisa naik keperingkat empat besar, lanjut Suwarno mulai sekarang KONI Jateng sudah mulai melakukan persiapan, terutama cabang olahraga perorangan yang menyediakan banyak mendali dalam PON.

“Masing-masing KONI kabupaten/kota harus mentrgetkan menyumbang satu medali emas. Di Jateng ada 35 daerah sudah 35 medali emas, ditambah cabang olahraga perorangan sudah bisa untuk naik ke peringkat empat besar,” ujarnya.

Baca juga: Mengocok Perut, Keseruan ODGJ Adu Ketangkasan Bersama Pegawai RS Ernarldi Bahar Palembang 

Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jateng dibuka Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen diikuti Raker diikuti seluruh KONI kota/kabupaten (35 utusan), 76 cabang olahraga, dan enam badan fungsional.

Gus Yasin panggilan Taj Yasin berharap Raker KONI Jateng dapat menghasilkan program kerja yang dapat membawa prestasi olahraga di Jateng.

“Pemerintah Provinsi Jateng sangat mendukung dan agenda sangat penting ini untuk kepentingan semua sehingga olahraga di Jateng mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi,” ujarnya.

Baca juga: Diprotes Karena Sebut TNI 'Gerombolan', Effendi Simbolon Sampaikan Permintaan Maaf 

Sementara, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana dalam sambutannya menyatakan, tema ‘Rakerprov 2022, Satu Langkah menuju Jateng Prestasi’ merupakan kristal pemikiran untuk menjadikan ruh dalam menyinergikan semua potensi olahraga.

“Semua kita jalankan di bawah payung tekad HATI yakni harmony, accountability, transparency, dan integrity. Kita jadikan Rakerprov 2022 ini sebagai jembatan emas menuju penyuksesan Pra-Porprov, Porprov, Pra-PON, dan PON 2024,” ujarnya.

Agenda Rakerprov KONI Jateng yang berlangsung hingga Selasa (20/9) antara lain, memutuskan peraturan tentang Porprov; peraturan tentang mutasi atle dalam Rangka Porprov XVI/ 2023 di Pati Raya, pedoman penyelenggaraan Porprov Jateng XVI/ 2023 di Pati Raya.

Selain itu juga membahas penerimaan anggota barucabang olahraga (E-Sport), dan penawaran menjadi tuan rumah Porprov Jateng XVII/ 2027.