Home Nasional Detik-Detik Jenazah Prof. Azyumardi Azra Tiba di Rumah Duka

Detik-Detik Jenazah Prof. Azyumardi Azra Tiba di Rumah Duka

Tangerang Selatan, Gatra.com – Jenazah Prof. Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, pada pukul 23.53 WIB, setelah menjalani penerbangan dari Malaysia.

Jenazah ketua Dewan Pers itu berada dalam peti mati dibalut bendera merah putih. Peti tersebut diusung oleh anggota TNI dan Polri menggunakan buck bed. Pelayat lantas melantunkan tahlil.

Istri almarhum Prof. Azyumardi Azra, Ipah Farihah, datang bersama putranya. Sambil menangis tersedu-sedu, Ipah langsung masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Lukman Hakim Mengingat Azyumardi Azra Sebagai Seorang Sufi

Sejak pukul 19.00 WIB, rumah duka almarhum Azyumardi Azra sudah didatangi oleh pelayat untuk menghadiri tahlilan. Sekitar pukul 22.00 WIB, pelayat semakin banyak yang datang hingga sampai berita ini ditulis, pelayat masih terus berdatangan.

Pelayat yang hadir di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan mantan Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim.

Rencananya, jenazah akan disalatkan di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah pada Selasa pagi (20/9), yakni pukul 06.30 WIB. Setelah disalatkan, jenazah akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel).

Upacara pemakaman dilakukan secara militer yang rencananya akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy. Dia bertindak sebagai inspektur upacara.

Sebelumnya, Azra wafat di Rumah Sakit Kedah, Selangor, Malaysia, pukul 12.30 waktu setempat pada hari Minggu lalu (18/9), akibat serangan jatung.

Baca Juga: Keluarga Ungkap Kronologi Meninggalnya Prof Azyumardi Azra

Kedutaan Besar (Kedubes) RI untuk Kuala Lumpur menyampaikan, almarhum berangkat dari Kuala Lumpur ke Tanah Air menggunakan pesawat dari maskapai Batik Air dengan nomor penerbangan ID (6019) CGK-KUL.

Pesawat tersebut dijadwalkan berangkat dari Malaysia pada pukul 20.45 waktu Malaysia dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, pada pukul 21.50 WIB.

Setibanya di Bandara Soetta, jenazah Azyumardi Azra langsung dijemput menggunakan mobil ambulans untuk dibawa menuju Gedung Human Remains Cargo Jenazah Angkasa Pura II.