Home Nasional Pejabat Hingga Tokoh Negara Iringi Pemakaman Azyumardi Azra

Pejabat Hingga Tokoh Negara Iringi Pemakaman Azyumardi Azra

Jakarta, Gatra.com - Upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra berlangsung pada hari ini (20/09) dengan khidmat pada pukul 08:00 WIB. Upacara ini dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan, Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan pembacaan doa dipimpin oleh Imam Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar.

Pelayat yang hadir antara lain Jusuf Kalla dengan istrinya, Agus Harimurti Yudhoyono, Quraish Shihab dengan istrinya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Politisi PPP Arsul Sani dan mantan Menteri Agama Lukman Hakim.

Baca Juga: Keluarga Ungkap Kronologi Meninggalnya Prof Azyumardi Azra 

Berdasarkan pantauan langsung, peti mati almarhum Azyumardi dimasukkan ke liang lahat pada pukul 08:59 WIB oleh petugas upacara dan penggali kubur TMP Kalibata. Bendera merah putih yang menyelimuti peti dilepaskan, kemudian peti matinya diturunkan dengan tali tambang.

Selanjutnya, Muhadjir meletakkan tanah kubur di atas peti mati secara simbolis dan dilanjutkan oleh pihak keluarga serta para penggali kubur untuk menyelesaikan sisanya.

Baca Juga: Sosok Azyumardi Azra di Mata Sang Anak: Disiplin dalam Segala Hal 

Pemberian bunga secara simbolis juga diberikan oleh Muhadjir di samping batu nisan mendiang Azyumardi Azra. Pembacaan doa berlangsung dan hadirin pelayat dimohon berdiri untuk penghormatan terakhir yang diiringi lagu “Tabur Bunga” oleh pasukan upacara. Penghormatan tersebut dipimpin oleh Muhadjir.

Bendera merah putih yang digunakan untuk menyelimuti peti mati diserahkan oleh Muhadjir dan petugas upacara untuk salah satu pihak keluarga dan bersalaman. Kemudian, Muhadjir lanjut bersalaman dengan Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono dan pelayat lainnya. Penaburan bunga dan pembacaan doa oleh orang terdekat mendiang Azyumardi, kemudian dilanjutkan oleh KH. Nasaruddin Umar dan AHY.