Home Teknologi Apakah Hewan Terberat di Bumi? Semut! Kok Bisa?

Apakah Hewan Terberat di Bumi? Semut! Kok Bisa?

Wurzberg, Gatra.com- Entah itu berapa banyak bintang di langit malam atau berapa butir pasir di Sahara, ada beberapa pertanyaan yang tampaknya mustahil untuk dijawab. Daily Mail, 20/09.

Sekarang, para ilmuwan telah hampir menemukan solusi untuk satu pertanyaan seperti itu – berapa banyak semut yang ada di Bumi?

Para peneliti dari Julius Maximilians University di Wurzberg mengklaim ada 20 kuadriliun (2 dengan 16 nol di belakangnya) semut yang merangkak di planet kita.

Sebagai perbandingan, saat ini ada sekitar 7,8 miliar manusia di Bumi, artinya ada sekitar 2,5 juta semut per orang!

Sabine Nooten, penulis utama studi tersebut, mengatakan: 'Menurut perkiraan kami, populasi semut global adalah 20 x 1015 - yaitu, 20 kuadriliun hewan. "Itu adalah 20 dengan 15 nol, yang sulit untuk dipahami dan dihargai," katanya.

Kecuali di kutub, semut menghuni hampir semua habitat di Bumi, namun sampai sekarang, sedikit yang diketahui tentang penyebarannya.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa daerah tropis memiliki kepadatan semut tertinggi.

Dan selain zona iklim, ekosistem lokal juga memainkan peran penting dalam distribusi serangga, menurut para peneliti.

Hutan dan daerah gersang adalah rumah bagi sebagian besar spesimen, sementara daerah dengan lebih banyak manusia memiliki lebih sedikit semut, demikian temuan studi tersebut.

"Pengetahuan tentang distribusi dan kelimpahan organisme sangat penting untuk memahami peran mereka dalam ekosistem dan kepentingan ekologis mereka untuk taksa lain," tulis para peneliti dalam studi mereka, yang diterbitkan di PNAS .

Pengetahuan seperti itu saat ini kurang untuk serangga, yang telah lama dianggap sebagai "hal kecil yang menjalankan dunia".

"Bahkan untuk serangga yang ada di mana-mana, seperti semut, yang memiliki signifikansi ekologis yang luar biasa, saat ini tidak ada perkiraan yang dapat diandalkan tentang jumlah total mereka di Bumi atau kelimpahan mereka di bioma atau habitat tertentu."

Untuk mencapai perkiraan mereka, tim mengevaluasi 489 penelitian sebelumnya tentang semut, yang mencakup semua benua, bioma utama, dan habitat.

Temuan mereka menunjukkan bahwa ada 20 kuadriliun semut di Bumi, dengan biomassa gabungan 12 megaton karbon kering.

"Itu melebihi gabungan biomassa burung dan mamalia liar dan sesuai dengan sekitar 20 persen biomassa manusia," kata rekan penulis studi, Patrick Schultheiss.