Home Nasional Nadiem Klaim Punya Tim Khusus Berisi 400 Orang, Manajernya Setara Dirjen, Kok Bisa?

Nadiem Klaim Punya Tim Khusus Berisi 400 Orang, Manajernya Setara Dirjen, Kok Bisa?

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengklaim bahwa saat ini dirinya memiliki tim yang beranggotakan 400 orang di luar kementeriannya.

Tim ini yang disebut Nadiem turut ikut andil dalam menggagas hingga mendisain produk kebijakan Kemendikbudristek. 400 orang tersebut tergabung dalam sebuah tim.

Baca JugaKemendikbudristek Hormati Keputusan DPR Tak Masukan RUU Sisdiknas Sebagai Prolegnas

"Kami sekarang memiliki 400 orang product manager, software engineer dan data scientist yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk kementerian," kata Nadiem dalam sebuah video yang diunggahnya dalam instagram @nadiemmakarim, dikutip Jumat (23/9).

400 anggota tim tersebut, Nadiem sebut bukanlah vendor untuk Kementerian. Namun, Nadiem menyebut tim yang dibentuk tersebut memiliki memiliki kekuatan yang sama dengan Direktur Jenderal (Dirjen) pada direktorat yang ada di Kemendikbudristek.

"Jadi, Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jendral yang beberapanya hadir di sini. Mereka diposisikan sebagai rekan bertukar pikiran dalam mendisain produk kami," ungkap Nadiem.

Baca JugaTok! Baleg DPR Sepakat Tak Masukan RUU Sisdiknas Sebagai Prolegnas

Mantan bos Gojek ini juga menerangkan, cara kerja tim bentukannya itu berkutat pada aktivtitas survei dan validasi terhadap pokok-pokok gagasan yang disampaikan oleh para pejabat di Kementerian.

"Jadi kementerian akan menyampaikan arahan kepada mereka dan tim produk akan mengatakan 'Sebentar kami akan cek dulu ke para guru dan melakukan survei untuk memvalidasi yang kami kerjakan'," jelas Nadiem.