Home Kesehatan WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata, Kemenkes Siapkan Transisi Menuju Endemi

WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata, Kemenkes Siapkan Transisi Menuju Endemi

Jakarta, Gatra.com – Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Rabu (14/9) mengatakan bahwa ujung dari pandemi Covid-19 telah berada di depan mata. WHO pun merilis enam kebijakan agar dunia dapat dengan cepat keluar dari jerat pandemi Covid-19.

Enam kebijakan tersebut antara lain memaksimalkan vaksinasi, melakukan pengujian (testing) dan pengurutan berdasarkan sekuens (sequencing), memastikan sistem kesehatan untuk pelayanan Covid-19, mempersiapkan terjadinya lonjakan kasus, melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian penyakit, serta menyampaikan informasi terkait Covid-19 kepada masyarakat.

Baca Juga: Jelang Akhir Pandemi Covid-19, Vaksinasi Kelompok Rentan Perlu Diintensifkan

Mengenai hal itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Mohammad Syahril mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya telah mempraktikkan seluruh poin tersebut sebagai upaya mengatasi pandemi. Ia pun menyatakan bahwa pihaknya akan menjadikan keenam langkah tersebut lebih efektif di masa mendatang.

“Tentu saja, enam langkah atau upaya yang harus dilakukan di seluruh dunia itu sebetulnya sudah kita lakukan semua. Nah, tentu saja kita akan mengefektifkan semuanya ini,” ujar dr. Syahril dalam acara “Meet the Expert: Kapan Pandemi Berakhir?" yang diselenggarakan oleh Kemenkes, Jumat (23/9).

Keenam langkah itu pun disebut Syahril terus dipraktikkan secara bersama-sama, demi menjaga agar sejumlah parameter yang mengindikasikan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia pun dapat terus terkendali dan menurun persentasenya. Dengan demikian, target dari upaya pencegahan dan pengendalian infeksi Covid-19 pun dapat tercapai.

Baca Juga: WHO Sebut Ujung Pandemi di Depan Mata, Bukan Isyarat Kendurkan Protokol Kesehatan

Untuk diketahui, parameter-parameter tersebut meliputi kasus terkonfirmasi positif Covid-19, angka kematian akibat Covid-19, jumlah spesimen yang diperiksa dan positivity rate-nya, serta kasus rawat inap di rumah sakit.

Syahril menyatakan, keenam langkah tersebut merupakan persiapan yang dilakukan Kemenkes jelang ujung pandemi Covid-19. Ia menyebut, upaya-upaya tersebut dilakukan Kemenkes, dalam rangka mempersiapkan Indonesia untuk memasuki masa transisi pandemi Covid-19 menuju endemi.

“Upaya-upaya kita tadi, ya bagaimana kita menyiapkan Indonesia untuk mencapai transisi (pandemi) ini menuju ke endemi,” ucap Syahril dalam kesempatan tersebut.