Home Regional Ratusan UMKM Semarakkan Hari Jadi ke-473 Kudus

Ratusan UMKM Semarakkan Hari Jadi ke-473 Kudus

Kudus, Gatra.com – Sebanyak ratusan stand pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menyemarakkan Hari Jadi ke-473 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berharap, gelaran tersebut mampu untuk mendongkrak perekonomian di Kota Kretek.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris mengatakan, helatan bertajuk Pasar Rakyat sedikitnya melibatkan 300 UMKM. Stand tersebut berjajar di sepanjang Jalan Sunan Kudus.

“Pasar Rakyat ini yang digagas pak Bupati ya, dalam rangka hari jadi Kabupaten Kudus yang ke-473, ini usia yang sudah mapan, sudah cukup tua, sudah dewasa. Kita gelar ini karena Kabupaten Kudus terkenal dengan perdagangan, jasa, dan pertanian,” ujarnya, Jumat (23/9).

Baca juga: Pemuda Katolik Nilai BP2MI Layak Raih WTP, Harus Diganjar Naik Anggaran, Kenapa?

Pasar Rakyat ini, disebut Sam’ani berlangsung mulai tanggal 22-26 September 2022. akses Jalan Sunan Kudus pun terpaksa ditutup, selama helatan tersebut berlangsung.

Dijelaskan Sam’ani, ratusan stand UMKM di Pasar Rakyat ini menjajakan beragam produk dan dagangan. Mulai dari cemilan, makanan berat, aksesoris, pernak-pernik khas Kudus, hingga pakaian.

“Pemerintah Kabupaten Kudus mengamodir teman-teman pelaku UMKM, terutama pekerja UMKM yang kecil ini, agar ekonominya terangkat,” terangnya.

Ditambahkan Sam’ani, diharapkan dengan adanya gelaran ini, pelaku UMKM bisa mendongkrak perekonomian pelaku UMKM yang sempat ambruk digebuk pagebluk selama dua tahun lebih. Belum lagi, pelaku UMKM juga diberi cobaan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Baca juga: Wanted! Dicari KPK, Hakim Agung Sudrajad Dimyati di Brussel, Belgia?

Baca juga: Soal Private Jet Dipakai Brigjen Hendra dan Konsorsium 303, Ini Kata IPW

“Kan kemarin UMKM sempat terdampak Covid-19, mudah-mudahan bisa bangkit. Saya yakin tidak semuanya terjaring, paling tidak ini bisa sedikit membantu,” pungkas Sam’ani.