Home Internasional Sedikitnya Empat Tewas dalam Ledakan Dekat Masjid di Kabul Afghanistan

Sedikitnya Empat Tewas dalam Ledakan Dekat Masjid di Kabul Afghanistan

Kabul, Gatra.com - Sedikitnya empat orang tewas dan 10 luka-luka akibat ledakan di dekat sebuah masjid di ibu kota Afghanistan, saat jemaah keluar usai salat Jumat.

Dikutip Reuters, Jumat (23/9), sumber dari sebuah rumah sakit terdekat menyebutkan ledakan itu adalah yang terbaru dari rangkaian mematikan yang menargetkan jemaah yang salat Jumat di masjid-masjid dalam beberapa bulan terakhir, beberapa ledakan di antaranya diklaim dilakukan kelompok militan ISIS.

Baca Juga: Ledakan Kembali Terjadi di Masjid Syiah di Afghanistan, 32 Orang Tewas

"Setelah salat, ketika orang-orang ingin keluar dari masjid, terjadi ledakan," kata juru bicara kepolisian Kabul, Khalid Zadran. 

“Semua korban adalah warga sipil, jumlah pastinya belum jelas,” tambahnya.

Rumah Sakit Darurat yang dikelola LSM Italia mengatakan telah menerima 14 korban dari ledakan itu, empat di antaranya tewas pada saat tiba di rumah sakit.

Baca Juga: OKI Kutuk Ledakan Masjid di Afghanistan

Ledakan itu terjadi di Wazir Akbar Khan, sebuah daerah yang dulunya merupakan tempat 'zona hijau' kota itu, lokasi banyak kedutaan asing dan NATO. Namun sekarang dikendalikan oleh Taliban yang berkuasa.

Masjid tersebut telah menjadi sasaran serangan di masa lalu, termasuk ledakan pada Juni 2020 sebelum Taliban kembali berkuasa. Serangan itu menewaskan imam masjid dan melukai beberapa orang.