Home Internasional Per 1 Oktober 2022, Kanada Siap Hapus Semua Pembatasan Perjalanan Era Covid-19

Per 1 Oktober 2022, Kanada Siap Hapus Semua Pembatasan Perjalanan Era Covid-19

Ottawa, Gatra.com – Kanada akan mencabut semua pembatasan COVID-19 untuk pelancong mulai 1 Oktober, termasuk persyaratan vaksinasi dan penggunaan masker untuk penerbangan dan kereta api. 

Dilansir dari Reuters, pergerakan ini kemungkinan akan mendorong industri perjalanan Kanada yang sudah boming setelah berbulan-bulan jeda selama pandemi.

Maskapai penerbangan Kanada juga mendesak diakhirinya mandat untuk menutupi penerbangan, mengutip ribuan insiden ketidakpatuhan tahun ini saja.

Baca Juga: Mulai Minggu Depan, Jepang Longgarkan Persyaratan Kontrol Pembatasan COVID-19

“Saat warga Kanada dan pengunjung internasional ingin membuat rencana perjalanan, penghapusan semua tindakan yang tersisa yang telah lama ditunggu-tunggu efektif 1 Oktober 2022 akan lebih mempercepat pemulihan bagi industri kami dan ekonomi Kanada,” kata maskapai terbesar kedua Kanada WestJet Airlines dalam sebuah pernyataan.

Keputusan untuk mengakhiri pembatasan berdasarkan pada tingkat vaksinasi Kanada, ketersediaan vaksin dan perawatan baru serta data yang menunjukkan negara itu telah melewati puncak gelombang terbaru infeksi virus corona, kata pemerintah.

Lebih dari 90 persen warga Kanada di atas usia 12 tahun mengambil seri utama vaksin COVID. Bulan ini, Kanada mengizinkan suntikan COVID-19 bivalen Moderna Inc untuk orang dewasa, dimana vaskin tersebut adalah yang pertama yang diadaptasi dari Omicron di negara itu.

“Terima kasih kepada sebagian besar warga Kanada yang telah menggulungkan lengan baju mereka ke atas untuk mendapatkan vaksinasi, kami telah mencapai titik di mana kami dapat dengan aman mencabut tindakan sanitasi di perbatasan,” kata Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos.

Baca Juga: WHO Sebut Ujung Pandemi di Depan Mata, Bukan Isyarat Kendurkan Protokol Kesehatan

Duclos mengatakan bahwa pemerintah siap untuk memberlakukan kembali pembatasan jika diperlukan.

“Jelas kita tidak punya harapan untuk memperkenalkan kembali beberapa dari tindakan ini namun jika kita harus melindungi keselamatan warga Kanada, kita harus,” katanya kepada reporter di Ottawa.

Pelancong, terlepas dari warga negara mereka, tidak akan memberikan informasi kesehatan melalui aplikasi ArriveCAN atau memberikan bukti vaksinasi mulai dari Sabtu.

Persyaratan bagi pelancong untuk menggunakan masker di pesawat terbang dan kereta juga akan dicabut. Penumpang kapal pesiar dan kru juga tidak lagi menjadi subyek untuk kebutuhan vaksin atau tes COVID-19.

 

54