Home Olahraga Roberto Mancini Sejajar dengan Arrigo Sacchi, Masih Berpeluang ke Urutan Kedua

Roberto Mancini Sejajar dengan Arrigo Sacchi, Masih Berpeluang ke Urutan Kedua

Budapest, Gatra.com – Kemenangan Italia atas Hongaria dalam laga UEFA Nations League memberikan arti tersendiri bagi Roberto Mancini. Arsitek Italia itu, kini mencatatkan 34 kemenangan selama memimpin tim.

Dilansir dari Opta, Roberto Mancini telah menyamai catatan Arrigo Sacchi. Mancini meraih 34 kemenangan dalam 55 pertandingan, adapun Sacchi melakukannya lewat 53 laga.

Baca Juga: Portugal versus Spanyol: Usung Misi Rebut Tiket Semifinal

Sejauh ini, Vittorio Pozzo masih berada di peringkat pertama sebagai pelatih Italia dengan kemenangan terbanyak. Pozzo meraih 63 kemenangan dari 95 pertandingan saat memimpin Gli Azzurri.

Di urutan kedua ada nama Enzo Bearzot yang meraih 40 kemenangan dari 88 pertandingan. Angka ini menjadi Mancini berpeluang melewati Arrigo Sacci, bahkan Enzo Bearzot. Tinggal 1 kemenangan untuk melewati Sacci, dan 7 kemenangan untuk unggu dari Bearzot.

Kemenangan atas Hongaria juga membuat Italia lolos ke babak semifinal UEFA Nations League. Hanya saja, laga semifinal akan berlangsung pada awal 2023 mendatang.

Baca Juga: Serbia Lumat Kanada, Tijana Boskovic Jadi Bintang

Mancini sendiri menangani timnas Italia sejak 14 Mei 2018. Dia menandatangani kontrak berbasis insentif, yang berlangsung hingga 2020, diperpanjang secara otomatis hingga 2022 jika Italia lolos ke Euro 2020.

Nyatanya, Mancini berhasil membawa Italia sebagai juara Piala Eropa 2020. Italia mengalahkan tuan rumah Inggris di babak final.

Sayangnya, prestasi itu seolah terlupakan usai Italia gagal melaju ke Piala Dunia 2022. Pada 24 Maret 2022, Italia kalah 1-0 di kandang sendiri dari Makedonia Utaradi semifinal play-off kualifikasi Piala Dunia 2022. Italia pun untuk kedua kalinya gagal ikut dalam Piala Dunia.

54