Home Info Sawit Lagi, Mahasiswa AKPY ini Belum Lulus Sudah 'Dilamar'

Lagi, Mahasiswa AKPY ini Belum Lulus Sudah 'Dilamar'

Jakarta, Gatra.com - Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY) kembali menorehkan pencapaian yang luar biasa. Hampir 93% mahasiswa diploma 1 angkatan 2021-2022 yang kuliah di sana, ternyata sudah ambil sejumlah perusahaan menjadi mandor. Padahal mereka belum selesai kuliah.

Dosen AKPY yang juga Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Hartono, cerita, saat ini, ada 275 orang mahasiswa AKPY magang di sejumlah perusahaan yang ada di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dari jumlah itu, 245 orang adalah mahasiswa program Beasiswa Sawit BPDPKS, sisanya mahasiswa program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Bagi kampus, anak-anak ini sedang menjalani program magang. Sebab saban tahun, empat bulan jelang lulus, semua mahasiswa harus magang," cerita lelaki 52 tahun ini kepada Gatra.com kemarin.

Tapi bagi perusahaan kata ayah dua anak ini, mahasiswa itu justru sedang menjalani training. Nanti setelah lulus, mereka langsung diangkat menjadi karyawan.

Lantaran mahasiswa ini menyebar di tiga pulau, mau tak mau para asesorlah yang berkeliling menjumpai para mahasiswa magang itu.

Sebab sejak tanggal 13-30 September, mereka menjalani ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh BNSP. "AKPY punya tradisi membekali anak-anak dengan sertifikat kompetensi. Jadi saat lulus, mereka tidak hanya mendapatkan ijazah, tapi juga sertifikat kompetensi. Sertifikat ini berlogo garuda lho," kata Hartono.

Bagi perusahaan, sertifikat kompetensi ini teramat penting. Sebab kabarnya, perusahaan yang ingin mengurus sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), 40% karyawannya musti punya sertifikat kompetensi. Begitu salah satu syaratnya. 

Sebagai informasi, AKPY sendiri adalah anak dari Institut Pertanian STIPER Yogyakarta. Kampus ini khusus mendidik mahasiswa program diploma 1.


Abdul Aziz

 

 

 

112