Home Internasional Badai Ian dekat Florida dengan Hampir 5 Kekuatan

Badai Ian dekat Florida dengan Hampir 5 Kekuatan

Florida, Gatra.com - Badai Ian pada Rabu (28/09) mulai menerjang Pantai Teluk Florida, Amerika Serikat disertai angin kencang dan hujan lebat. Pihak berwenang menyatakan sudah terlambat bagi penduduk yang ingin mengungsi ketika mata badai beringsut ke pantai dengan kekuatan hampir mendekati Kategori 5.

Pada pukul 11.00 waktu setempat, Ian berada sekitar 80 km barat daya Punta Gorda, Florida, dengan kecepatan angin 250 km per jam, kata Pusat Badai Nasional AS. 

Itu hanya sedikit dari penunjukan Kategori 5, yang merupakan klasifikasi badai paling parah dengan angin berkelanjutan setidaknya 157 mph, meskipun Ian diperkirakan melemah setelah menghantam daratan.

Ramalan cuaca mengatakan Ian akan melepaskan ombak tinggi yang digerakkan oleh angin, hujan deras yang dapat menyebabkan banjir pesisir hingga 12 kaki (3,7 meter) bersama dengan badai petir yang intens dan kemungkinan tornado. Pita luar badai sudah membawa angin kencang dan hujan ke sebagian besar Pantai Teluk pada Rabu pagi.

"Saya berharap ini bukan ramalan yang akan menjadi kenyataan. Ini adalah badai yang akan kita bicarakan selama bertahun-tahun yang akan datang, sebuah peristiwa bersejarah," kata Ken Graham, direktur Layanan Cuaca Nasional.

Badai itu diperkirakan akan menabrak Florida sekitar pukul 2 siang waktu setempat di Charlotte County, sekitar 160 km di selatan Tampa dan utara Fort Myers. Wilayah ini adalah rumah bagi bermil-mil pantai berpasir, sejumlah hotel resor dan banyak taman rumah mobil, favorit para pensiunan dan wisatawan.

"Intensifikasi cepat Badai Ian bisa menjadi contoh lain bagaimana planet yang memanas mengubah karakter badai," kata Kait Parker, ahli meteorologi dan iklim di Weather.com IBM. "Penelitian menunjukkan kita melihat ini terjadi jauh lebih sering daripada yang kita teliti dalam beberapa dekade terakhir," katanya.

Lebih dari 169.000 rumah dan bisnis serta perkantoran tanpa listrik di Florida pada Rabu pagi.

Deanne Criswell, administrator Badan Manajemen Darurat Federal AS, mengatakan salah satu kekhawatiran utama adalah keselamatan para lansia yang populasinya cukup besar di Florida. Banyak yang memiliki masalah kesehatan dan mobilitas atau berada di rumah sakit, panti jompo, dan fasilitas lain yang sulit dievakuasi.

Presiden Joe Biden, berbicara di sebuah acara di Washington, bersumpah bahwa pemerintah federal akan membantu Florida setelah badai berlalu. "Kami waspada dan tidak tinggal diam, kami telah menyetujui setiap permintaan yang dibuat Florida," kata Biden.

 

 

75