Home Teknologi Tada Kerahkan White Hacker untuk Uji Keandalan Sistem Keamanannya

Tada Kerahkan White Hacker untuk Uji Keandalan Sistem Keamanannya

Jakarta, Gatra.com – Belakangan kebocoran data kerap terjadi. Teranyar menipa sejumlah perusahaan pelat merah. Untuk mengantisipasi itu, platform Tada mengerahkan peretas putih atau white hacker guna menguji keandalan sistem security-nya.

CEO Tada, Atonius Taufan di Jakarta, Kamis (29/9), mengatakan, pihaknya meminta white hacker untuk terus-terusan melakukan pengujian. Pasalnya, peretas selalu selangkah lebih maju dari penegak hukum.

“Merek [hacker] selalu one step a head. Jadi kalau di kita, salah satu inisiatif kita, kita ada hire white hacker, emang firm kita minta untuk meng-heck sistem kita,” kata Taufan.

Menurutnya, ujia coba peretasan tersebut untuk meneliti ada tidaknya bagian yang dapat ditembus. Jika ada, maka peretas putih akan memberikan infomasi. Kemudian pihak berwenang di Tada akan memperbaikinya.

“Jadi kalau ada bolong, ada apa ketahuan si hacker-nya itu mengirim, tapi ini white hacker. Dari semua sisi, dari sisi data base, front and, dan back and semuanya dites,” ucapnya.

Baca Juga: Pengamat Nilai Timsus Salah Metode Investigasi Membongkar Kasus Hacker Bjorka

Taufan usai acara peluncuran Solusi Tada Gifting yang dihadiri sejumlah klien, lebih jauh menjelaskan, peretasan oleh white hacker dilakukan sejak 6 tahun lalu. Adapun Tada sudah berdiri sekitar 10 tahun.

“Biasanya company itu terlalu complay dengan ISO dan lain-lain, tapi namanya hacker, ISO kan bicara masa lalu, kita bicaranya lebih masa kini. Jadi kita cari hacker-nya,” kata dia.

Senior Account Director Tada, Juan Aristya, menambahkan, selain white hacker, pihaknya mendapatkan ISO dari pihak berwenang di dalam negeri. Selain itu, Tada juga berupaya mendapatkannya dari lembaga luar negeri.

“Untuk kerahasiaan data, klien kami dari 10 tahun kita start kita sudah di financial services. Jadi kalau diakses kita udah sering banget sama banking. Selama ini enggak ada masalah,” katanya.

Ia menjelaskan, Tada adalah platform loyalty & rewards B2B2C terkemuka asal Indonesia yang telah berhasil membantu berbagai bisnis untuk meretensi pelanggan, mitra penyalur, distributor, agen, retailer, hingga karyawan secara lebih baik dengan berbagai solusi, seperti Tada Loyalty, Tada Rewards, dan Tada Gifting.

Tada Gifting anyar tersebut untuk memudahkan perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan seluruh stakeholder-nya. Produk software ini memungkinkan perusahaan dan profesional dengan mudah dan efektif mengirim berbagai macam hadiah kepada pelanggan, klien, mitra, rekan bisnis, karyawan, dan stakeholder lainnya dalam beberapa klik saja melalui satu dashboard.

"Tada Gifting merupakan produk terbaru kami yang diluncurkan sebagai jawaban atas kerumitan yang dihadapi berbagai perusahaan dalam hal memberikan hadiah yang tepat sasaran dengan mudah guna membangun relationship dan meningkatkan loyalty,“ ujar Rebecca Agiestha, Co-founder Tada.

Menurutnya, melalui platform tersebut, perusahaan dan profesional dapat mengirimkan berbagai hadiah menarik melalui dashboard komprehensif yang mudah digunakan dengan banyak pilihan item, mulai dari e-voucher, saldo e-wallet hingga barang fisik seperti gawai dan emas ANTAM.

Platform Tada Gifting ini dapat digunakan perusahaan untuk memberikan hadiah kepada stakeholder penting dalam bisnisnya, mulai dari prospek, klien, pelanggan setia, mitra (seperti distributor, tim sales, tim lapangan, dan sebagainya), dan juga karyawan.

Menariknya lagi, perusahaan hanya perlu membayar hadiah yang di-redeem sehingga pemberian gift pun lebih terencana dan scalable. Proses untuk menggunakan platform Tada Gifting pun sangat mudah dan tidak memakan waktu lama.

Baca Juga: Ini Kiat Menghindari Phising, Aman Dari Gangguan Hacker

Untuk menggunakan solusi gifting dari Tada ini perusahaan hanya perlu sign up, mengatur budget, memilih item hadiah, kirim tautan atau link ke kontak yang sudah dimiliki dan track jumlah orang yang redeem hadiah tersebut.

Pengiriman hadiah juga bisa disertai dengan catatan atau pesan personal untuk si penerima hadiah, sehingga memungkinkan terjalinnya hubungan yang lebih dekat ke depannya.

“Saat ini, semua orang memiliki kesibukan yang sangat tinggi dan segala sesuatu di-automasi secara massal, hubungan personal yang dibangun melalui apresiasi seperti gifting akan memberikan kesan mendalam bagi penerimanya,” kata Juan.

VP of Commercial Tada, Imelda Walla, mengatakan, perusahaan juga dapat menggunakan Tada Gifting ini untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan prospek hingga karyawan untuk output yang diharapkan. Hadiah yang diberikan kadang tidak perlu besar, namun karena personal akan tetap berkesan bagi penerimanya.

“Solusi Tada Gifting ini dapat diaplikasikan ke semua industri karena pemberian hadiah ke orang-orang penting dalam lingkup bisnis Anda dapat meningkatkan loyalitas dan juga hubungan yang lebih baik sehingga bisnis dapat terus tumbuh secara positif,” ucapnya.

113