Home Hukum Bawa Kabur Uang Kotak Amal, Warga Jawa timur Jadi Bulan-bulanan warga

Bawa Kabur Uang Kotak Amal, Warga Jawa timur Jadi Bulan-bulanan warga

Blora, Gatra.com – Seorang pencuri menjadi bulan-bulanan warga saat berusaha membawa kabur uang dari dalam kotak amal musala di Dusun Bangking, Kelurahan Tambahrejo, Kabupaten Blora, Kamis (29/9). Beruntung, petugas masuk ke dalam balai desa setempat dan menyelamatkannya.

Menurut keterangan saksi Nyami, saat kejadian ia curiga melihat gerak-gerik pelaku yang tiba-tiba masuk ke dalam musala. Saat didatangi, pelaku berupaya kabur setelah berhasil membuka kotak amal dan menggondol uang di dalamnya.

Baca Juga: Maling Kotak Amal Masjid Terekam CCTV, Ogah Gondol Koin Receh

"Kalau warga sini kan saya tahu, biasanya langsung ke kamar kecil. Tapi ini turun dari motor langsung masuk ke dalam. Waktu saya datang, tiba-tiba dia langsung lari ambil uang di dalam kotak amal," kata Nyami.

Ia lantas berteriak minta tolong kepada warga saat menyadari ada pencuri. "Saya langsung teriak maling ambil kotak amal. Warga langsung mengejarnya. Pelaku sempat kabur tapi kan jalan sudah ditutup warga saat kembali lagi akhirnya berhasil dikejar warga dan langsung dipukuli," ujarnya.

Nyami mengatakan, uang yang berada di kotak amal diperkirakan mencapai jutaan rupiah. "Ada Mas kalau sejuta, wong isinya penuh, waktunya dibuka kan mau dipakai Maulud Nabi," terangnya.

Sementara itu, Lurah Tambahrejo, Marthin Ukie Andhana, mengatakan, pelaku berhasil diselamatkan petugas babinsa dan bhabinkamtibmas yang saat itu berada di sekitar kantor balai desa. Pelaku lalu diamankan di balai desa dari amukan warga.

"Saat kejadian, memang balai desa lagi ramai karena ada bazar UMKM. Jadi saat pelaku ditangkap warga tak jauh dari Balaidesa ini, petugas langsung mengamankannya dari amukan warga," katanya.

Baca Juga: BNPT Dalami Kotak Amal Jadi Modus Pengumpulan Dana Terorisme

Dari pengakuan pelaku, dia merupakan warga Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim). "Kalau namanya kurang tahu, tapi katanya warga Jatirogo, Tuban," ujarnya.

Saat petugas kepolisian berusaha membawa pelaku ke dalam mobil, warga yang geram sempat berupaya memukulnya. Namun upaya anarkistis warga bisa diredam petugas kepolisian.

54