Home Pendidikan Pemerintah Dorong Pelajar Vokasi Miliki Kecakapan Digital

Pemerintah Dorong Pelajar Vokasi Miliki Kecakapan Digital

Jakarta, Gatra.com - Penanaman literasi digital menyasar pendidikan vokasi. Kali ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi DKI Jakarta disasar oleh Kemenkominfo guna mendapatkan penanaman pemahaman lebih terhadap penggunaan teknologi informasi yang kekinian.

Kemenkominfo bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Pandu Digital Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) melaksanakan kegiatan tersebut dengan menyasar 200 peserta dari jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) di Ibu Kota.

Baca Juga: Lembaga Kursus Jadi Tumpuan Vokasi Dalam Kembangkan SDM

Sekertaris Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Slamet Santoso, mengatakan tujuan penyelenggaraan kegiatan literasi digital adalah untuk mendorong siswa, guru, dan tenaga kependidikan agar menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif serta berkarakter sehingga dapat meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill dalam memaksimalkan manfaat dari internet.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman, wawasan yang cukup kepada teman-teman di SMK ini," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (30/9).

Program literasi digital sektor pendidikan kini sudah menjangkau banyak sekolah di Indonesia. Kurang lebih sebanyak 500 sekolah telah mendapatkan kegiatan penanaman literasi.

Baca Juga: Daya Pikir Kritis Jadi Bekal Tangkal Hoaks Dunia Maya

Ditambahkan Oleh Wakil Sekretaris JSDI, Sunarto, dirinya berharap agar para siswa peserta bisa menyerap materi yang disampaikan. Dari kegiatan ini, kedepannya diharapkan pula tercipta kecakapan digital yang bisa lebih maksimal dalam diri para siswa siswi SMK.

"Mudah-mudahan kegiatan kita pada kesempatan ini kedepannya bisa lebih maksimal untuk para siswa siswi SMK belajar bersama JSDI agar meningkatkan kecakapan digital," tegasnya.

39