Home Pendidikan Ditjen Diktiristek Luncurkan Ekosistem Kedaireka 2022

Ditjen Diktiristek Luncurkan Ekosistem Kedaireka 2022

Jakarta, Gatra.com - Guna terus membangun dan membentuk ekosistem Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), melalui Kedaireka, telah meluncurkan tujuh program Ekosistem Kedaireka 2022 yang mengambil tema ‘Inovasi dan Kolaborasi untuk Masa Depan yang Berkelanjutan’.

Ketujuh program ekosistem ini diharapkan menjadi wadah penerapan knowledge-based economy sehingga dapat melanjutkan kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan dunia industri setelah sebelumnya sukses dengan program Matching Fund di tahun 2021 dan 2022.

Selain itu, ketujuh program Ekosistem Kedaireka 2022 ini juga diluncurkan untuk memfasilitasi pengguna platform Kedaireka. Sepanjang 2022, pengguna platform Kedaireka meningkat secara signifikan dibanding 2021. Dari Insan perguruan tinggi meningkat sebesar 81% dan 425% dari mitra industri.

Plt. Dirjen Diktiristek, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nizam, menyambut baik diluncurkannya tujuh program Ekosistem Kedaireka. Nizam berharap program-program ini akan menjadi bagian dari hulu - hilir akselerasi kolaborasi inovasi antar Perguruan Tinggi dan Dunia Industri yang berkelanjutan.

Tujuh program Ekosistem Kedaireka yang diluncurkan meliputi Kedaireka Academy, RekaTalks, Match Making Innovation Forum, RekaPitch, CEO Mentorship, RekaPreneur dan   RekaPods. Yakni:

  • Kedaireka Academy, sebuah platform pelatihan digital untuk insan Perguruan Tinggi dimana mereka akan dilatih langsung oleh praktisi DUDI dengan harapan dapat meningkatkan wawasan insan Perguruan Tinggi akan perkembangan terkini dunia industri.
  • RekaTalks, acara talkshow yang menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari Insan Perguruan Tinggi dan DUDI penerima manfaat program Matching Fund. Match Making Innovation Forum, program networking dan “perjodohan” cepat antar Perguruan Tinggi dan Industri demi mendorong akselerasi kolaborasi.
  • RekaPitch, program kolaborasi berbasiskan business case yang dikurasi langsung oleh perwakilan DUDI yang sudah memiliki modal finansial mandiri.
  • CEO Mentorship, sharing session intensif oleh petinggi dunia industri untuk meningkatkan pertukaran insight dan pengembangan diri insan Perguruan Tinggi.
  • RekaPreneur, menghadirkan narasumber dari praktisi dan akademisi untuk meningkatkan pemahaman Insan Perguruan Tinggi dalam tata cara pitching ide, penyusunan proposal, dan negosiasi.
  • RekaPods, program podcast yang menghadirkan penerima bantuan Matching Fund untuk membahas perihal inovasi yang mereka ciptakan, success story, dan manfaat yang mereka rasakan dari program Matching Fund. 

“Dengan hadirnya program-program Ekosistem Kedaireka saya berharap semangat kolaborasi inovasi antar Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) akan berkelanjutan dan tidak berhenti hanya sampai di program Matching Fund. Maka dari itu, saya mengharapkan dukungan serta partisipasi aktif dari rekan-rekan pimpinan Perguruan Tinggi, dosen, dan tentunya mitra-mitra industri. Mari kita bersama-sama mendukung keberlangsungan ekosistem inovasi di Indonesia demi kemajuan bangsa”, ujar Nizam.

122