Home Nasional Tapanuli Utara Diguncang Empat Kali Gempa Dini Hari Tadi

Tapanuli Utara Diguncang Empat Kali Gempa Dini Hari Tadi

Jakarta, Gatra.com - Gempa bumi telah mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), sebanyak empat kali, pada Sabtu dini hari tadi (1/10). Tiga di antaranya berkekuatan di atas Magnitudo 5.

Dilansir dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 02:28 WIB, dengan kekuatan sebesar Magnitudo 6.0. Gempa tersebut berpusat di 15 km Barat Laut Tapanuli Utara, dengan kedalaman 10 km.

Baca Juga: Dihoyak Gempa Tiga Kali Beruntun, Fasum di Mentawai Rusak

"#Gempa Magnitudo: 6.0, Kedalaman: 10 km, 01 Okt 2022 02:28:41 WIB, Koordinat: 2.13 LU-98.89 BT (15 km BaratLaut TAPANULIUTARA-SUMUT), Tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit BMKG, seperti dikutip dari akun Twitter resmi mereka, Sabtu (1/10).

Gempa kedua berlangsung hanya sekitar dua menit setelah gempa pertama, yakni pada 02:50 WIB. Gempa tersebut diketahui berkekuatan Magnitudo 5.1, dengan pusat gempa berasal dari 4 km Timur Laut Tapanuli Utara.

Sementara itu, gempa ketiga berkekuatan Magnitudo 5.0 terjadi pada pukul 03:37 WIB. Gempa tersebut berasal dari 1 km Timur Laut Tapanuli Utara.

Gempa ketiga itu pun disusul dengan gempa terakhir yang tercatat pada pukul 04:03 WIB. BMKG mencatat, gempa tersebut memiliki kekuatan Magnitudo 3.9. Pusat gempa tersebut berada di darat 4 km Tenggara Tapanuli Utara.

BMKG menyatakan bahwa tiga gempa bumi awal tidak menimbulkan potensi tsunami. Namun, BMKG tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai potensi tsunami pada cuitan mereka mengenai gempa bumi terakhir.

Baca Juga: BMKG: Belum Ada Laporan Korban Jiwa Gempa di Mentawai M 6,4

Pihak BMKG pun mengimbau kepada warga untuk berhati-hati dan mewaspadai adanya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi di waktu mendatang.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG dalam situs resminya, Sabtu (1/10).

53