Home Hukum Kepala Suku Wali Papua Minta Lukas Enembe Kooperatif dan Hormati Hukum

Kepala Suku Wali Papua Minta Lukas Enembe Kooperatif dan Hormati Hukum

Jakarta, Gatra.com - Kepala Suku Wali Papua, Melianus Wali mengatakan Gubernur Lukas Enembe harus menghormati hukum yang berlaku. Ia meminta kepada Gubernur dua periode itu untuk menghadapi hukum dengan berani.

Melianus mengatakan Lukas Enembe harus taat hukum dan menjadi panutan kaum muda, apabila merasa tidak bersalah seharusnya berani membuktikan di depan hukum yang berlaku di Indonesia. "Kasus korupsi Lukas Enembe adalah murni kasus hukum dan tidak ada politisasi," ucap Melianus dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Lukas Enembe sudah mangkir dipanggilan kedua oleh KPK dan akan ada panggilan ketiga oleh KPK terhadap Lukas Enembe. Menanggapi hal itu Melianus menyebutkan seharusnya sebagai seorang pejabat pemerintah mengetahui aturan hukum dan secara kooperatif memberikan keterangan kepada pihak KPK. "Lukas Enembe harus menghadapi proses hukum dengan berani dan berjiwa besar," tegas Kepala Suku Wali itu.

Ia juga meminta agar masyarakat lebih baik pulang ke rumah masing-masing dan hidup tenang bersama keluarga daripada bertahan melindungi Lukas Enembe di kediamannya. Melianus menyarankan supaya warga bisa memberi kesempatan kepada KPK untuk melakukan tugasnya dengan baik.

"Seluruh masyarakat Papua harus dapat menciptakan situasi yang damai dan tidak terprovokasi oleh hasutan-hasutan yang dapat merugikan warga Papua sendiri," tutup Melianus.

32