Home Teknologi Cloudian: Pertumbuhan Data Perlu Solusi Tanpa Batas

Cloudian: Pertumbuhan Data Perlu Solusi Tanpa Batas

Jakarta, Gatra.com – CEO Cloudian Indonesia, David Keumala, mengatakan, pertumbuhan data sudah tidak lagi linier tapi vertikal sehingga membutuhkan solusi yang tanpa batas.

“Membutuhkan satu solusi yang unlimited atau limitless skillable solusi,” kata David dalam World Cloud Show di Jakarta, pada Selasa (4/10).

Ia menyampaikan, Cloudian merupakan platform object storage yang beroperasi di Indonesia sejak 2017, telah menyelesaikan banyak suse case customer dari solusi yang diberikan melalui perusahaan object storage ini.

Baca Juga: Data Pelanggan Perusahaan Pelat Merah Diduga Bocor, Eranyacloud Tingkatkan Keamanan

“Sekarang kita merasakan meets yang begitu besar dari market sehingga kita sekarang mencoba memperkenalkan jauh lebih lagi kepada masyarakat atau institusi, terutama corporate atau governance, solusi Cloudian secara lebih luas lagi,” ujarnya.

Saat ditanyakan bagaimana integrasi cloud di tengah pandemi, David mengatakan, Cloudian sangat mengintensifkan keamanan data karena terdapat berbagai solusi untuk proteksi, seperti immutable data storage dan anti ransomware.

Cloudian juga menjadi solusi yang dapat digunakan untuk Big Data Analytics untuk solusi IOT karena klinnya saat ini ingin mengembangkan dari sisi IOT.

“Problem yang painful yang terbesar adalah di sisi pertumbuhan datanya yang sangat-sangat besar sehingga dibutuhkan lah solusi,” tandasnya.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, IBM Gencarkan Sistem Cloud

David menegaskan bahwa Cloudian tidak seperti Google dan AWS, melainkan menawarkan teknologi yang dapat diletakkan di data center masing-masing sehingga tidak mudah hilang.

Cloudian dapat bekerja sama dengan teknologi vendor, seperti Microsoft, Amazon, Google, dan sebagainya karena konsepnya sebagai pertubuhan data dan dapat dikelola secara bersamaan.

“Tidak menggantikan, kita lebih kepada menambahkan fitur, meng-enhance sistem yang sudah berjalan sehingga dari yang sudah baik akan jauh lebih baik lagi dalam hal mengontrol, me-manage data masing-masing,” ucapnya.

76