Home Politik NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024, Relawan Ganjar Girang

NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024, Relawan Ganjar Girang

Tegal, Gatra.com – Partai Nasional Demokrat (NasDem) sudah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden (capres) di pemilu 2024. Kelompok relawan Ganjar Pranowo, Jari Nusantara, girang atas deklarasi itu.

Ketua Jari Nusantara, Bambang Mugiarto, mengaku senang dengan langkah Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres. Sebab, mayoritas parpol masih belum menentukan capres yang akan diusung.

"Misalnya PDIP antara Puan atau Ganjar, KIB [Koalisi Indonesia Bersatu] bagaimana. Itu kan masih jadi teka-teki, akan kapan [diumumkan], sangat dinamis. Dengan munculnya pencapresan Anies oleh NasDem, secara umum saya melihat progres politiknya lebih baik dan cepat. Itu akan mempercepat proses capres ini mengkristal," ujarnya, Rabu (5/10).

Baca Juga: SGI: Hanya Ganjar yang Mampu Lawan Capres Anies Baswedan

Bambang melanjutkan, pengumuman capres yang akan diusung parpol jauh sebelum pemilu digelar juga akan menguntungkan masyarakat. Dengan sudah mengetahui sosok capres yang diusung parpol jauh-jauh hari, masyarakat bisa memiliki waktu panjang untuk mengetahui rekam jejak dan visi-misinya.

"Rakyat sebenarnya menginginkan lebih cepat diumumkan. Biasanya kan, misalnya PDIP selalu injury time [mengumumkan capres]. Itu membuat pemilih tidak bisa melihat dengan terang, visinya bagaimana. Apalagi ancaman krisis kan tinggi, itu butuh sekali pemimpin, presiden yang mumpuni. Kalau mepet, pemilih saya kira enggak punya kesempatan melihat lebih detail kriteria capres yang diinginkan," ujarnya.

Sebagai relawan Ganjar Pranowo, Bambang juga mengaku senang dengan pencapresan Anies Baswedan oleh Partai NasDem. Dia menyebut keputusan itu akan melapangkan jalan Ganjar Pranowo menjadi capres di pemilu 2024 karena Gubernur Jawa Tengah itu memiliki elektabiitas tertinggi berdasarkan mayoritas hasil survei.

"Berdasarkan survei, publik saat ini menghendaki atau menerima tiga sosok, yaitu Ganjar, Anies, dan Prabowo. Dengan Anies sudah muncul, maka mempermudah dan melapangkan jalan politik Ganjar menjadi capres. Secara logika politik, di antara tiga sosok itu, Ganjar yang elektabilitasnya tertinggi," tandasnya.

Baca Juga: Masyarakat Akar Rumput Deklarasikan Suara Untuk Ganjar Presiden 2024

Menurut Bambang, setiap parpol akan berpijak pada persepsi publik sebelum memutuskan capres yang diusung maupun didukung dengan tujuan meraih kemenangan dalam pemilu 2024. Dia meyakini, persepsi publik itu akan menjadi pertimbangan PDIP dalam memutuskan capres yang diusung.

"Setiap parpol akan berpijak pada persepsi publik. Pijakannya pasti itu. [Dengan sudah dideklarasikannya Anies sebagai capres], PDIP sendiri akan mempertimbangkan sungguh-sungguh antara dua nama, Puan dan Ganjar," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Partai NasDem mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024 dalam acara deklarasi yang digelar di Jakarta, Senin (3/10). Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

233