Home Kolom Fenomena ADHD, Diagnosis, dan Penanganannya

Fenomena ADHD, Diagnosis, dan Penanganannya

Saya Mengidap ADHD. Bagaimana Cara Mendapatkan Diagnosis?

Oleh: Tamara May*

 

Ilustrasi ADHD (Istimewa)

Gangguan pemusatan perhatian atau Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) akhir-akhir ini menjadi sorotan, merujuk kisah komedian Em Rusciano, di National Press Club. Ia menceritakan perjalanan menuju diagnosis, dan bagaimana merefleksikan dirinya sebagai sosok yang lebih muda.

Ada peningkatan kesadaran akan ADHD, kondisi perkembangan saraf seumur hidup yang memengaruhi perhatian, tingkat aktivitas, dan impulsif. Mungkin Anda pernah membaca atau menonton sesuatu secara online tentang ADHD dewasa, atau mungkin anggota keluarga atau teman yang baru-baru ini menerima diagnosis.

Jika Anda mengira menderita ADHD, mendapatkan diagnosis bisa menjadi proses yang panjang, membuat frustrasi, dan seringkali mahal. Jadi, penting untuk memutuskan apa artinya itu bagi Anda.

Apa itu ADHD? Bagaimana Hal itu Memengaruhi Hidup Anda?

Orang dengan ADHD mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian mereka secara fleksibel. Ini berarti mungkin sulit untuk memfokuskan dan mempertahankan perhatian mereka pada tugas-tugas yang menjadi prioritas.

Sebagai gantinya, mereka menghabiskan waktu untuk menggulir di ponsel mereka atau melakukan tugas-tugas yang tidak penting. Mereka mungkin menunda-nunda –tidak memulai aktivitas, atau terganggu sehingga tidak menyelesaikan tugas. Mereka mungkin pelupa, tidak teratur dan terlambat.

Mereka yang memiliki gejala impulsif mungkin terlalu banyak berbagi, tidak sabar, dan mengatakan ya untuk hal-hal tanpa memikirkannya, seringkali dengan konsekuensi negatif dalam jangka panjang.

Mereka yang memiliki gejala hiperaktif akan memiliki pikiran yang terus-menerus sibuk, sulit untuk duduk diam dan rileks, dan mungkin menjadi cerewet. Mereka mungkin terus-menerus “di perjalanan” mencari rangsangan baru dan menarik, mudah bosan dengan hobi, pekerjaan, dan hubungan.

Beberapa orang hanya akan memiliki gejala lalai, yang lain hanya gejala hiperaktif-impulsif, dan beberapa memiliki keduanya.

Gejala lalai, hiperaktif, dan impulsif dapat memengaruhi pencapaian dalam studi dan di tempat kerja, memengaruhi hubungan secara negatif, dan mengakibatkan perasaan berbeda dengan orang lain dan mengembangkan perasaan diri yang negatif.

Gejalanya bersifat neurobiologis, sehingga terjadi perbedaan perkembangan otak. Bagi kebanyakan orang, gejala bertahan sepanjang hidup mereka.

Yang penting, ADHD tidak disebabkan oleh “perilaku buruk” atau “kemalasan”, dan itu bukan “cacat karakter”. Gejala ADHD tidak dapat diubah melalui berusaha lebih keras atau menerapkan diri sendiri.

Ilustrasi Aktivitas Pengidap ADHD (Istimewa)

Jadi bagaimana Anda mendapatkan diagnosis?

Di Australia, ini tidak semudah yang dibayangkan. Tidak ada layanan kesehatan mental masyarakat dewasa yang dapat mendiagnosis ADHD tanpa biaya.

Mengakses klinik swasta dan dokter adalah cara yang biasa dilakukan orang dewasa untuk menilai ADHD di Australia.

Jika Anda tertarik untuk mengakses obat stimulan, pengobatan paling efektif untuk ADHD, maka menemui psikiater yang spesialis dalam ADHD merupakan jalan yang paling efisien.

Seorang psikolog dengan keahlian ADHD juga dapat melakukan penilaian diagnostik untuk ADHD; mereka tidak dapat mengecualikan kemungkinan penyebab medis atau meresepkan obat jika diagnosisnya dikonfirmasi.

Penilaian ADHD orang dewasa biasanya melibatkan psikiater atau psikolog berpengalaman ADHD yang melakukan wawancara klinis dengan orang tersebut dan seringkali dengan pasangan dan orang tua.

Ini termasuk menanyakan tentang perkembangan awal Anda, termasuk tonggak perkembangan, perkembangan akademik dan sosial, tanda dan gejala ADHD, dan riwayat kesehatan mental Anda. Anda biasanya diminta untuk memberikan laporan sekolah Anda, sehingga dokter dapat mencari bukti gejala di masa kanak-kanak seperti yang dilaporkan oleh guru.

Karena ADHD adalah kondisi perkembangan saraf, bukti gejala pada masa kanak-kanak sebelum usia 12 tahun diperlukan. Anda dan keluarga Anda, dan terkadang pasangan atau teman dekat, akan diminta melengkapi skala penilaian untuk gejala ADHD, baik pada masa kanak-kanak maupun gejala saat ini sebagai orang dewasa.

Harus ada pemeriksaan menyeluruh terhadap kemungkinan diagnosis lain yang dapat menjelaskan gejala ADHD yang tampak. Kondisi umum lainnya yang terjadi bersama juga harus dieksplorasi dan didiagnosis jika ada.

Dewan Penelitian Kesehatan dan Medis Nasional Australia baru saja menyetujui pedoman praktik klinis berbasis bukti untuk diagnosis dan pengobatan ADHD di Australia, sebelum dirilis pada Oktober.

Pedoman ini menjelaskan proses diagnostik dan perawatan yang paling membantu sehingga dokter dapat memberikan penilaian dan pengobatan yang konsisten dan berbasis bukti untuk orang dengan ADHD. Diharapkan ini akan mengarah pada akses yang lebih mudah ke diagnosis dan dukungan.

Apa arti diagnosis?

Akhirnya menerima diagnosis ADHD bagi banyak orang adalah pengalaman yang positif dan mengubah hidup. Ini bisa masuk akal dari kesulitan yang tidak dapat dijelaskan seumur hidup, sering dikaitkan secara salah dengan menjadi “malas” atau “tidak kompeten”.

Kesadaran dapat menghasilkan pemahaman yang lebih lengkap tentang diri Anda dan mengapa hidup Anda mungkin telah mengambil jalan tertentu. Ini dapat menjelaskan mengapa hal-hal tertentu terjadi pada Anda, mengapa Anda mengalami kecemasan dan depresi tetapi tidak hilang dengan pengobatan, dan mengapa lintasan Anda mungkin tidak normal.

Ini bukan proses yang mudah. Beberapa mengalami masa kesedihan setelah diagnosis ketika mereka merenungkan bagaimana hidup mereka mungkin berbeda jika mereka mengetahui dan menerima dukungan dan pengertian sejak usia dini.

Namun, diagnosis dapat memungkinkan Anda untuk mengakses pengobatan yang, bagi kebanyakan orang, efektif dalam mengurangi gejala inti ADHD dan dapat menghasilkan kejelasan dan fokus.

Anda juga dapat mengakses terapi psikologis, pelatihan ADHD, dan dukungan terapi okupasi untuk membuat perubahan dalam hidup Anda untuk meminimalkan gejala dan memaksimalkan kekuatan Anda.

Diagnosis ADHD dewasa dapat membantu Anda menolak kepercayaan diri yang merusak. Anda mungkin akhirnya memahami diri Anda sebagai berbeda, tidak cacat, dan melihat kekuatan dan nilai Anda.

*Dr Tamara May adalah peneliti senior di Departemen Pediatri, Universitas Monash.

134