Home Hukum Mantan Aktivis Uncen Minta Warga Papua Jangan Terjebak Kepentingan Pribadi Kasus Lukas Enembe

Mantan Aktivis Uncen Minta Warga Papua Jangan Terjebak Kepentingan Pribadi Kasus Lukas Enembe

Jakarta, Gatra.com - Mantan Aktivis Universitas Cendrawasih (Uncen) Erik Makabori mengatakan masyarakat di Papua untuk tidak tergiring dalam kepentingan pribadi dalam kasus yang saat ini menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe. Hukum harus tetap menjadi yang terdepan dalam menyelesaikan permasalahan ini karena Indonesia merupakan negara hukum.

Menurut Erik, para pemuda harus bijaksana dalam melihat sebuah perspektif peristiwa yang sedang terjadi di Papua. "Berkaitan dengan kasus korupsi seharusnya sudah kewenangan negara untuk melakukan proses hukum dan tidak boleh mengaitkan kasus korupsi dengan perjuangan papua merdeka," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (7/10/2022).

"Pemeriksaan terhadap Lukas Enembe adalah tanggung jawab negara dan pemerintah harus bijak dan berkomitmen untuk memberantas koruptor di tanah Papua," terang mantan ketua BEM Uncen itu.

Erik mengajak masyarakat khususnya kaum pemuda di tanah Papua harus waspada agar tidak tergiring dalam kepentingan pribadi ataupun oknum dan selalu mempunyai pikiran untuk berusaha memajukan Papua.

Erik berharap masyarakat Papua tidak terlibat dan tetap menjaga situasi damai di Papua. "Selain kasus Lukas Enembe, pejabat daerah Papua lainnya juga banyak yang melakukan korupsi karena dinilai tidak ada efek jera," ucap Erik.

"Pemerintah harus tegas untuk mengadili semua pejabat daerah Papua yang terlibat kasus korupsi agar Papua dapat menjadi daerah yang maju," tutup Erik.

45