Home Sumbagteng Pascamurka, Gubernur Rombak Seluruh Pejabat Pemprov Jambi

Pascamurka, Gubernur Rombak Seluruh Pejabat Pemprov Jambi

Jambi, Gatra.com – Gerbong Pemprov Jambi bergerak. Meski belum dapat mengetahui kapan tanggal pastinya mutasi dilakukan, termasuk pejabat mana saja yang masuk dalam daftar orang yang akan diganti. 

Namun informasi pergantian besar-besaran menguat, bisa jadi dalam pekan ini. Pejabat setingkat sekretaris sampai kabid atau eselon III dan kasi eselon IV kena otak-atik. Kalau dihitung semua, ada ratusan. Beberapa di antaranya mendapatkan promosi kenaikan jabatan.

Gubernur Jambi, Al Haris, sudah mengantongi nama-nama para pejabat dimaksud. Melihat track record, pangkat hingga prestasi yang dicapai oleh pegawai tersebut. 

Baca Juga: Gubernur Jambi Murka Pejabat Sering Potong SPPD Anak Buah

Sumber di kantor Gubernur Jambi menyebutkan, otak-atik disebabkan masih banyak para pejabat eselon III dan IV yang gagal paham terkait visi dan misi Jambi MANTAP dan masih setengah hati dalam pemerintahan Al Haris-Abdullah Sani. 

"Semestinya menyesuaikan program kerja mereka dengan kondisi terkini," ujarnya, Rabu (19/10).

Kata sumber, Al Haris ingin pejabat yang bisa berinovasi dan respons cepat menyelesaikan berbagai masalah terjadi hari ini. Mampu menjabarkan visi dan misi Jambi MANTAP dalam pelayanan masyarakat dan menjaga program prioritas, bukan seperti sekarang.

Selain eselon III dan IV, Al Haris bakal melantik kepala OPD hasil kompetensi beberapa waktu lalu. Itu-pun tak semuanya 16 orang, ada kena nonjob, demosi, dan ke fungsional. Karena sudah lama menempati, sehingga perlu pengaderan. 

Begitu juga dengan para kepala OPD lain, menjadi evaluasi, digeser ke posisi lain. Akan tetapi tak menutup kemungkinan para kepala OPD lain ini dicopot oleh Al Haris karena tidak ada kemajuan alias monoton.

"Saya kira setahun waktu yang cukup panjang untuk menyatukan hatinya dengan saya dalam bekerja. Minggu ini mungkin saya akan lihat nilai mereka dan ajukan ke KASN," kata Al Haris, dua hari lalu.

Kabar pergantian pejabat membuat para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Jambi yang tak becus bekerja seperti cacing kepanasan, gelisah, dan takut dipindah atau di-nonjob.

Ditambah lagi dengan adanya sejumlah ASN dari luar daerah pindah ke Pemprov Jambi dalam beberapa bulan terakhir yang digadang-gadang akan menempati sejumlah posisi jabatan eselon III dan IV.

Isyarat pergantian ini semakin diperkuat setelah Al Haris mengungkapkan bahwa masih ada pejabat yang sering memotong uang perjalanan dinas bawahan saat bertugas luar kota.

Baca Juga: KPK Beri Sinyal PAW Besar-besaran di DPRD Jambi

Pernyataan ini disampaikan Al Haris dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung di Mesjid Agung, Kota Jambi, Senin, 17 Oktober 2022. Media sosial diramaikan video kemurkaan Al Haris.

Meski tak menyebutkan secara rinci nama dan dari dinas mana asal pejabat tersebut, kebiasaan oknum pejabat yang suka memotong biaya perjalanan dinas bawahannya itu sampai juga ke telinga Al Haris.

Pejabat ini kufur nikmat. Seperti disetir oleh nafsu. Tidak puas dengan jabatan yang diperoleh. "Walaupun saya ke Jakarta, kuping dan mata gubernur ada di mana-mana. Jangan bohong, tahu semua saya," ucap Al Haris tegas.

305