Home Info Kementrian Kemenag Adakan Kongres Aksara Pegon

Kemenag Adakan Kongres Aksara Pegon

Jakarta, Gatra.com- Generasi muda perlu mengenal perkembangan dan sejarah penggunaan aksara pegon. Oleh karena iti, Kementerian Agama menggelar Kongres Aksara Pegon, bertujuan memberikan pengetahuan standarisasi aksara pegon.

Kongres ini mengusung tema “Mengawal Peradaban Melalui Digitalisasi Aksara Pegon” dihadiri sebanyak 152 peserta expert di bidang Aksara Pegon, juga 90 peserta Mu’tamad pemikiran santri, kalangan pesantren, pegiatan budaya, dan hadirin dari berbagai instansi terkait.

Direktur jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani berujar, standarisasi aksara pegon juga perlu menyesuaikan zaman.

"Perkembangan teknologi pada hari ini luar biasa, tapi jika ketemu aksara pegon seolah-olah HP kita tidak bekerja dengan baik. Ini menandakan perlunya standardisasi, apalagi kita akan melakukan digitalisasi," ujarnya pada acara pembukaan Kongres Aksara Pagon di Jakarta, Jum’at (21/10/2022).

Menurutnya melalui aksara, masyarakat dapat belajar banyak hal, nilai aksara sungguh luar biasa dan menjadi hal yang mendasar.

"Selain itu, katanya kita harus mampu merubah, memberikan ruang-ruang reaktualisasi diri dalam konteks kekinian tanpa mengganggu kesadaran kita sebagai insan manusia yang selalu menempatkan ruang keagamaan sebagai poros kehidupan,"tuturnya. 

Secara terpisah, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghofur, menjelaskan, Kongres Aksara Pegon akan diikuti peserta dari perwakilan pesantren, kampus, dan berbagai unsur pemangku kepentingan dalam pelestarian, penggunaan, dan pengembangan aksara pegon.

“Perwakilan dari unsur-unsur tersebut diharapkan dapat memberikan feedback (umpan balik) yang positif pada kegiatan diskusi dalam rangka penentuan standar dan pengembangan aksara pegon di era digital,” jelas Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

 

48