Home Politik Ganjar Dapat Dukungan dari Relawan Santri Gara-gara Program Zakat ASN

Ganjar Dapat Dukungan dari Relawan Santri Gara-gara Program Zakat ASN

Bantu, Gatra.com - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) bersama ulama dan ratusan warga Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menilai Ganjar Pranowo mampu mengentaskan kemiskinan lewat zakat.

Untuk itu, ulama dan santri Bantul berharap Indonesia mendapatkan figur pemimpin nasional terbaik seperti Ganjar. Hal itu mencuat dalam gelaran 'Gema Sholawat Damai untuk Negeri' di Lapangan PBV Musaba, Serayu, Bantul.

"Jadi Pak Ganjar itu bahwasanya semua ASN itu dipotong gajinya sebesar 2,5 persen untuk zakat. Menurut saya, zakat itu sangat produktif dan bermanfaat karena itu salah satu solusi Pak Ganjar mengentas kemiskinan di Jawa Tengah," kata Koordinator SDG DIY, Ijtihadul Umam, dalam pesan tertulisnya, Rabu (9/11).

Ia menjelaskan, Gubernur Jateng itu mampu memaksimalkan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jateng. Menurut Umam, pemanfaatan zakat adalah langkah yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

Ganjar meneken kebijakan itu lewat Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng tentang potongan langsung dari gaji ASN sebesar 2,5 persen. Hal itu dilakukan Ganjar setelah menerima laporan dari Baznas terkait penerimaan dan pemanfaatan zakat sepanjang 2018.

Umam mengatakan, Ganjar bertekad mempercepat penurunan angka kemiskinan di Jateng. Ganjar pun berinisiatif memperbesar penerimaan dan distribusi zakat di Jateng. Sampai pekan kedua Oktober 2022, zakat dari ASN terhimpun Rp 57 miliar. Zakat ini berkontribusi pada turunnya angka kemiskinan sebesar 124,2 ribu jiwa.

Menurut Umam, gagasan Ganjar itu ditiru oleh pemerintah kabupaten dan kota se-Jateng dan diganjar penghargaan Baznas Award 2019. "Ganjar juga memberikan bantuan kepada pondok pesantren, baik itu renovasi masjid, musala, kemudian beasiswa untuk santri, kaum yatim piatu, dan dhuafa," kata Umam.

Umam pun menyebut relawan Santri Dukung Ganjar DIY terus konsisten mensosialisasikan sosok Ganjar, lewat safari pesantren, borong dagangan UMKM, hingga silaturahmi ke ibu-ibu majelis taklim.

"Setiap Jumat kita adakan Jumat Berkah Berbagi. Berbagi juga kepada santri dan masyarakat, kemudian kita ada safari tokoh ustadz dan kiai. Itu kita silaturahmi ke beliau," katanya.

Umam berharap, Indonesia mendapatkan figur pemimpin terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara. Relawan Santri Dukung Ganjar DIY meyakini bahwa figur pemimpin tersebut adalah Ganjar Pranowo.

"Pak Ganjar yang prestasinya dua periode di Jawa Tengah, tentunya mampu memberikan yang terbaik nantinya untuk Indonesia. Terlebih beliau seperti Bapak UMKM di sana. Jawa Tengah juga termasuk provinsi yang terbebas dari korupsi," kata Umam.

128