Home Ekonomi Otorita IKN Gandeng Dua Perusahaan Raksasa Asal Korsel

Otorita IKN Gandeng Dua Perusahaan Raksasa Asal Korsel

Jakarta, Gatra.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) resmi menekan kesepakatan kerja sama dengan dua perusahaan raksasa otomotif dan teknologi asal Koreal Selatan, Hyundai Motor Company dan LG CNS pada KTT B20 di Nusa Dua, Bali.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi menyatakan ada dua MoU yang ditandatangani OIKN yakni terkait realisasi Advanced Air Mobility (AAM) dengan Hyundai Motor dan soal kolaborasi kota cerdas Nusantara dengan LG CNS.

Penandatanganan nota kesepakatan itu dilakukan Ketua OIKN Bambang Susantono dengan President Advanced Air Mobility Division Hyundai Motor Company Jaiwon Shin dan CEO LG CNS Young Shub Kim pada Senin (14/11) lalu.

"Kolaborasi antara Otorita IKN dengan Hyundai dan LG merupakan wujud komitmen untuk menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia," kata Ali dalam keterangannya, Rabu (16/11).

Ali menjelaskan, MoU OIKN dengan Hyundai bertujuan memperkuat kerja sama dan pertukaran gagasan dalam pengembangan AAM untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di IKN.

Baca Juga: IKN Prototipe Intelligent City

Menurutnya, melalui kerja sama itu OIKN berkeinginan unruk meningkatkan konektivitas sistem transportasi perkotaan dan memilih solusi mobilitas multimoda yang inovatif.

Kerja sama dengan Hyundai, lanjut Ali bagi kedua pihak akan dilanjutkan dengan merencanakan pendirian pusat riset dan pengembangan AAM di IKN di Kalimantan Timur. Adapun pusat riset itu, akan digunakan dalam hal peningkatan teknologi di Indonesia.

"Ini menjadikan IKN sebagai pusat pengembangan industri AAM di regional Asia Tenggara," ucap Ali.

Baca Juga: Kemitraan Strategis RI-AS Mencakup Isu Maritim hingga Pembangunan IKN

Adapun OIKN menyebut proyek kerjasama dengan Hyundai Motor akan dilakukan mulai awal tahun 2023. Disebut Hyundai berencana membuat peta jalan pengembangan AAM dan perencanaan Proof of Concept (PoC) dalam bidang Urban Air Mobility (UAM) dan Regional Air Mobility (RAM) serta ekosistemnya.

Sementara kerja sama OIKN dengan LG CNS difokuskan untuk pengembangan konsep kota cerdas di IKN Nusantara untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di Indonesia, khususnya di IKN Nusantara.

"LG Group akan menyediakan dan berpartisipasi dalam memberi solusi implementasi kota cerdas," sebutnya.

80