Home Kebencanaan DPR Minta Percepat Pembukaan Akses Jalan Longsor Akibat Gempa

DPR Minta Percepat Pembukaan Akses Jalan Longsor Akibat Gempa

Jakarta, Gatra.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Kementerian terkait kebencanaan mempercepat pembukaan akses jalanan yang terkena longsor akibat gempa. Dengan begitu, kata Puan, penyaluran logistik tidak terhambat.

“Semua pihak harus bahu membahu memberikan upaya terbaik dalam proses penanganan gempa Cianjur. Tentunya dukungan dari masyarakat juga sangat penting,” ujar Puan dalam rilis medianya, Selasa (22/11).

Puan memastikan DPR RI mendukung pemberian bantuan dana dari Pemerintah bagi warga yang rumahnya rusak. DPR akan mengawal pemberian bantuan sehingga semua warga mendapatkan haknya.

“Pengawasan diperlukan agar rumah yang dibangun harus berkonstruksi tahan gempa sehingga warga akan lebih aman tinggal di rumahnya,” tandasnya.

Gempa bumi tektonik terjadi pukul 13.21 WIB di wilayah Cianjur dan sekitarnya. Info gempa dari BMKG menyebutkan, gempa berkekuatan M 5,6. Lokasi gempa berada di 6.84 LS,107.05 BT atau 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur.

Gempa dengan kedalaman 10 km ini dirasakan di Cianjur, Garut, Sukabumi, Cimahi, Lembang, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang Selatan, Tangerang, dan DKI Jakarta.

15