Home Olahraga Jerman Tersungkur dari Jepang, Senasib dengan Argentina

Jerman Tersungkur dari Jepang, Senasib dengan Argentina

Doha, Gatra.com - Kejutan terus terjadi di Piala Dunia 2022 Qatar.

Usai Argentina kalah dari Arab Saudi, kali ini Jerman yang menelan kekalahan. Jerman takluk dari Jepang dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11) malam WIB.

Baca Juga: Olivier Giroud Jadi Top Skor Prancis, Sejajar dengan Thierry Henry

Hampir sama dengan laga Argentina versus Saudi, Jerman juga sempat unggul dulu lewat hadiah penalti. Namun di babak kedua, Jepang mampu membalas dua gol untuk memastikan kemenangan.

Jepang langsung membuat Jerman tersentak saat Daizen Maeda membobol gawang Jerman di menit ke-8. Namun gol tersebut dibatalkan wasit karena Maeda sudah dalam posisi offside.

Jerman baru bisa menemukan bentuk permainanya di menit ke-10. Mereka mulai mendominasi penguasaan bola dan mampu menekan lini pertahanan Jepang.

Namun gol yang ditunggu Jerman baru hadir di menit ke-33. Itupun hadir lewat eksekusi penalti Ilkay Gundogan usai kiper Jepang Shuichi Gonda menjatuhkan David Raum di depan gawangnya.

Baca Juga: Al Owais Jadi Bintang, Singkirkan Lionel Messi

Jelang babak pertama berakhir, Kai Havertz membobol gawang Jepang. Namun hasil pengecekan video assistant referee (VAR), Havertz dalam posisi offside. Babak pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan Jerman.

Di babak kedua, Jepang justru mampu tampil lepas. Mereka berani melakukan permainan menyerang. Tak pelak, lini pertahanan Jerman dibuat pontang-panting untuk meredam serangan tersebut.

Beruntung Antonio Rudiger kerap menjadi penyelamat, dengan memblok para tendangan pemain Jepang, meski menghasilkan sepak pojok. Kiper Jerman Manuel Neuer juga mampu menepis sejumlah upaya para pemain Jepang untuk mencetak gol.

Baca Juga: Drama 8 Gol, Inggris Lumat Iran

Jerman sendiri juga mampu membalas dengan serangan-serangan berbahaya. Namun kiper Jepang Shuichi Gonda juga tampil gemilang dengan melakukan sejumlah penyelamatan.

Ritsu Doan akhirnya berhasil membobol gawang Jerman di menit ke-75. Doan menyambar bola muntah di depan gawang Jerman, untuk membuat skor menjadi 1-1.

Semangat Jepang semakin membuncah usai kedudukan imbang. Mereka terus berani menekan lini pertahanan Jerman. Puncaknya terjadi di menit ke-83. Sebuah umpan dari Ko Itakura berhasil dimaksimalkan Takuma Asano menjadi gol. Jepang pun berbalik unggul 2-1.

Jerman terus berusaha menyamakan kedudukan. Namun upaya mereka tak membuahkan hasil. Jerman pun harus takluk dari Jepang.

81