Home Teknologi 18 Karya TIK Indonesia Akan Dipamerkan di Kancah ASEAN

18 Karya TIK Indonesia Akan Dipamerkan di Kancah ASEAN

Jakarta, Gatra.com - Delapan belas karya Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) buatan anak negeri terpilih dalam kompetisi Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK).

Berdasarkan kurasi, karya meraih peringkat tiga besar pada masing-masing kategori akan memperoleh kesempatan untuk mengikuti kompetisi regional ASEAN ICT Awards (AICTA) pada tahun 2023 mendatang.

Menurut The Global Startup Ecosystem Report 2022 oleh Startup Genome, Jakarta telah memproduksi sebanyak 7 startup di tingkat unicorn selama 10 tahun terakhir hingga 2021. Selain itu, berdasarkan laporan Startup Ranking, Indonesia termasuk dalam peringkat 10 besar negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia, yaitu 2.437 startup.

Melihat potensi perusahaan rintisan Indonesia, ldenTIK pun jadi strategi yang dihadirkan dalam pengembangan ekosistem startup.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto menyatakan, melalui IdenTIK pihaknya ingin mendorong munculnya karya TIK yang mampu memberikan solusi, membuka lapangan kerja baru, serta memberikan dorongan bagi sektor ekonomi Indonesia.

“Tentunya hal ini tidak hanya untuk di Indonesia, tetapi juga akan mengikuti kompetisi di tingkat regional kususnya ASEAN. Tidak menutup kemungkinan kami juga akan membawanya ke tingkat global,” jelas Bonifasius dalam keterangannya, Sabtu (26/11).

Berikut daftar peringkat tiga besar pemenang IdenTIK Tahun 2022 untuk setiap kategori:

A. Public Sector

1. PeduliLindungi

2. Sipandu Satu Bimtek

3. Maharai

B. Private Sector

1. InCrane

2. Orderdulu

3. Blod.id

C. Startup Company 

1. Jaramba

2. Kedip

3. Tandatangan.io

D. Research and Development

1. Bottani

2. Pegonizer

3. Smart EcoRoom by MyEco

E. Corporate Social Responsibility

1. HWebsite Special Hub

2. PetaNetra

3. Fasih

F. Inovasi Teknologi Konten Digital

1. Oxima

2. ViraExpoir

3. Nusantaraverse

73