Home Pendidikan Peringatan HGN, Pemberdayaan Guru Jadi Hal Wajib Yang Harus Didorong

Peringatan HGN, Pemberdayaan Guru Jadi Hal Wajib Yang Harus Didorong

Jakarta, Gatra.com - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) diharapkan selalu menjadi pijakan dalam semangat pemajuan pendidikan bangsa. Yang perlu ditekankan, adalah kemajuan pendidikan tak terlepas dari upaya negara dalam menguatkan dan memberdayakan para guru.

Chief Administration Officer Trakindo, Yulia Yasmina berpandangan, Guru memiliki peran krusial menyiapkan generasi masa depan yang berkualitas. Perjuangan guru Indonesia selama ini pun telah mendorong perubahan sosial di segala zaman.

"Dalam menghadapi berbagai tantangan, para guru dan tenaga pengajar terus berusaha menemukan cara baru untuk meningkatkan kapasitas belajar para siswa," ujar Yulia Yasmina dalam keterangan resmi, Sabtu (26/11).

Yulia pung mengatakan Trakindo akan terus mengapresiasi perjuangan guru dan berupaya untuk terus mendukung dengan merancang banyak program yang ditujukan menunjang kebutuhan para guru dalam proses belajar-mengajar.

Hal ini pihaknya lakukan dengan berkaca bahwa pendidikan menjadi salah satu bidang paling terdisrupsi di tengah transformasi dan transisi akibat perkembangan teknologi, lalu terdampak pula oleh pandemi.

Untuk menghadapi situasi mendesak tersebut, diperlukan penyesuaian model, praktik, proses belajar mengajar, dan sistem operasi institusi-institusi pendidikan agar anak didik memiliki bekal memadai.

"Di sinilah guru memiliki peran dalam merumuskan bentuk dan metode pembelajaran yang sesuai agar siswa yang menerimanya mampu menyerap dengan optimal," jelasnya.

47