Home Apa Siapa Erick Thohir & Marga Sidabutar

Erick Thohir & Marga Sidabutar

Jakarta, Gatra.com – Erick Thohir, pria kelahira Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, 52 tahun lalu, menjadi bagian dari marga Sidabutar. Erick menyandang marga tersebut melalui serangkaian prosesi upacara adat Batak.

Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah, dan masyarakat kekeluargaan yang pekerja keras.

Baca Juga: Jokowi Dapat Gelar 'La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara'

Pria yang kini menjabat menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dalam keterangan pers, Minggu (27/11), menceritakan, penyematan marga Sidabutar kepadanya diawalai dengan kebaktian.

Selepas itu, mangalat horbo dipandu iringan tor tor. Setelah menjalani rangkaian acara, Erick resmi menjadi marga Sidabutar dari generasi ke-10 Raja Opung Buttu Sidabutar dan anak keempat dari Hari Boss Sidabutar.

Selain menyandang marga Sidabutar, Erick juga diberikan tongkat pemimpin di hadapan tokoh-tokoh adat Batak, pihak keluarga Sidabutar, dan masyarakat.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” kata pria lulusan Universitas Nasional California, Amerika Serikat (AS) tersebut.

Erick menyampaikan, penyematan marga Sidabutar dan upacara adat marga Sidabutar yang berlangsung pada Sabtu pekan ini, merupakan contoh keragaman budaya di Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Dukung Upaya “Ngamumule” Budaya Sunda

“Satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” ujarnya.

Upacara penyematan marga Sidabutar tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan Erick Thohir dalam acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

180