Home Olahraga DKI Jakarta Juara Umum, Sumbar Juara 1 Luar Jawa POMNas 2022

DKI Jakarta Juara Umum, Sumbar Juara 1 Luar Jawa POMNas 2022

Padang, Gatra.com - Kontingen Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta berhasil meraup 115 medali pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII Tahun 2022 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Keberhasilan kontingen DKI Jakarta diumumkan pada penutupan POMNas XVII di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu malam (26/11). Dengan banyaknya perolehan medali itu, kontingen DKI Jakarta dinobatkan sebagai juara umum POMNas 2022.

Baca Juga: Sebanyak 14 Cabor Dipertandingkan Pada POMNas XVII di UNP

"DKI Jakarta berhasil Juara Umum POMNas 2022, dengan 115 medali, yakni sebanyak 49 medali emas, 33 medali perak, dan 33 medali perunggu," sebut panitia mengumumkan.

Kemudian disusul Jawa Tengah sebagai peringkat II, dengan perolehan 89 medali, yakni 28 medali emas, 23 medali perak, dan 38 medali perunggu. Lalu, urutan III diraih Jawa Timur dengan perolehan 72 medali, yakni 21 medali emas, 29 medali perak, dan 22 medali perunggu.

Selanjutnya, peringkat IV diraih Jawa Barat dengan perolehan 61 medali, yakni 14 medali emas, 21 medali perak, dan 26 medali perunggu. Sementara Sumatera Barat selaku tuan rumah POMNas 2022 hanya mampu meraih peringkat ke-V dengan raihan 36 medali, yakni 14 medali emas, 8 medali perak, dan 14 medali perunggu.

Selanjutnya, kontingen provinsi yang masuk dalam 10 besar di antaranya Sumatera Utara dengan raihan 30 medali, Bali 22 medali, Daerah Istimewa Yogyakarta 22 medali, Sulawesi Selatan 25 medali, dan Nusa Tenggara Timur 7 medali. Lalu sisanya, hanya mampu meraih di bawah 10 medali.

Dari hasil keputusan itu, mayoritas medali diboyong kontingen-kontingen dari Pulau Jawa. Sementara, ada lima provinsi dengan kontingen yang tidak berhasil meraih medali sekali, yakni Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Utara.

Kendati sulit mengalahkan kontingen Pulau Jawa, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, sengat mengapresiasi kontingen Sumbar yang telah berhasil menduduki peringkat V. Dalam artian, Sumbar telah berhasil menjadi juara 1 di luar Pulau Jawa.

"Selamat kepada Sumbar, berhasil meraih juara 1 di luar Pulau Jawa tingkat nasional, ini sudah luar biasa. Cita-citanya terwujud," ungkap Zainudin pada malam penutupan.

Menurutnya, POMNas merupakan ajang olahraga bergengsi di kalangan mahasiswa di Tanah Air. Terutama penyelenggaraan di Sumbar sangat sukses. Maka itu, dia sangat berharap kegiatan ini terus dibangkitkan dan terus ditingkatkan penyelenggaraannya setiap tahun.  

Selain itu, ajang POMNas ini salah satu wadah atlet-atlet bisa mempersiapkan diri dalam upaya mencapai target Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Apalagi, potensi olahraga Indonesia sangat besar, serta bisa menunjang ekonomi dan pariwisata daerah. 

"Sport industry dan sport tourism saat ini jadi sumber devis dan pemasukan berbagai negara maju. Potensi kita di Tanah Air sangat besar, hanya belum tergali secara maksimal," jelasnya.

Begitu pula Gubernur Sumbar, Mahyeldi, sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan olahraga di Sumbar, salah satunya memberikan dukungan besar untuk POMNas. Selain untuk membangkitkan potensi bidang olahraga, juga upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: E-Sport jadi Cabor Baru di POMNAS 2019

"Selamat kepada seluruh pemenang. Kita berharap, POMNas ini bisa melahirkan atlet dan memberikan kontribusi untuk kebangkitan olahraga tingkat nasional menuju DBON," tuturnya.

Rektor UNP, Ganefri, juga ikut memberikan apresiasi kepada seluruh atlet yang telah berjuang dan menjadi terbaik di 14 cabang olahraga dengan 166 nomor yang diperlombakan. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada POMNas 2022 ini.

"Alhamdulillah, kita sukses sebagai tuan rumah POMNas 2022 berkat dukungan dan sinergisitas semua pihak, baik Pemprov Sumbar, stake holder, Forkopimda, serta mitra kerja lainnya," ujar Ganefri.

354