Home Olahraga Wakabidkum ISSI Lepas Rombongan Tour de Siak Keliling Kota Istana

Wakabidkum ISSI Lepas Rombongan Tour de Siak Keliling Kota Istana

Siak, Gatra.com - Wakil Ketua Bidang Hukum (Wakabidkum) PB ISSI, Brigjen Pol Suyudi Aryoseto, melepas 62 pebalap sepeda Tour de Siak 2022 di garis start depan Istana Siak, Riau, Jumat siang (2/12).

Mereka berpacu menjajal etape pertama Siak City Race atau mengelilingi Kota Siak Sri Indrapura sepanjang 84 Kilometer (Km).

Ada 13 tim dari dalam dan luar negeri yang mengikuti ajang balap sepeda bertaraf Internasional tersebut.

Tour de Siak tahun ini, berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Rute balap sepeda internasional itu bakal dibelokkan ke Kabupaten Pelalawan hingga ke Kota Pekanbaru.

Sebab, untuk etape kedua, start para pebalap tetap di depan Istana Siak, namun finish-nya di Kota Pekanbaru dengan jarak tempuh sekitar 130 Km.

Dari Kota Siak Sri Indrapura, rombongan pebalap akan menuju simpang Km 11 Koto Gasib, belok kiri ke Lubuk Dalam, Kerinci Kanan dan terus ke Simpang Perak (Kabupaten Pelalawan). 

Dari sana, rombongan menyusuri jalan lintas timur yang sering padat itu menuju Kota Pekanbaru melewati Jalan Harapan Raya dan finish di depan Kantor Gubernur Riau di kawasan Jalan Sudirman Pekanbaru.

Untuk etape ketiga, para pebalap akan berpacu di City Race Pekanbaru sepanjang 120 km. 

Sayangnya, ajang tahunan ini tidak semua masyarakat di Kecamatan Kabupaten Siak bisa merasakan. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, lintasan per etape melibatkan hampir semua jalan kecamatan di Kabupaten Siak.

Kendati begitu, untuk etape pertama ini, para pebalap bakal menikmati keindahan rute berkeliling Kota Siak Sri Indrapura. Ada tujuh spot wisata yang bakalan dilewati para pebalap.

"Iya, ada 7 spot yang akan dilewati. Ini jadi daya tarik tersendiri," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Kabupaten Siak, Tekat Perbatas Setia Dewa kepada Gatra.com.

Lintasan yang diwarnai pemandangan indah, salah satunya Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini merupakan icon Kabupaten Siak.

Ketujuh spot wisata tersebut yakni Istana Siak, Mesjid Syahabudin atau Masjid Sultan, Balai Kerapatan Sultan, Turap Kampung Rempak, Mesjid Islamic Centre, Waterpark Siak dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Semua spot wisata ini berada di Kota Siak Sri Indrapura.

127