Home Olahraga Etape II Tour de Siak, Tempelan Aspal Bakal Persulit Pebalap

Etape II Tour de Siak, Tempelan Aspal Bakal Persulit Pebalap

Siak, Gatra.com - Sebanyak 64 pebalap Tour de Siak 2022 mulai berpacu menjajal etape kedua sepanjang 130 kilometer (Km), Sabtu (3/12).

Start di depan Istana Siak, para pebalap akan melewati daerah Kabupaten Pelalawan dan finish di Kota Pekanbaru. 

Baca Juga: Tour de Siak, Pebalap Indonesia Sapu Bersih Etape Pertama

Dari Kota Siak Sri Indrapura, rombongan pebalap akan menuju simpang Km 11 Koto Gasib, belok kiri ke Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, dan terus ke Simpang Perak, Kabupaten Pelalawan.

Dari sana, rombongan menyusuri jalan lintas timur yang sering padat itu menuju Kota Pekanbaru melewati Jalan Harapan Raya dan finish di depan Kantor Gubernur Riau di kawasan Jalan Sudirman Pekanbaru.

Race Director Tour de Siak, Sandi Sampurno, tidak menampik bahwa etape kedua ini akan sedikit lebih menguras tenaga para pebalap. 

Selain karena panjang lintasan dan topografi jalan yang kebanyakan mendaki, kondisi jalan yang baru diperbaiki juga menjadi tantangan bagi para pebalap. Belum lagi kondisi cuaca yang hujan malam kemarin.

"Sebelumnya, kita sudah survei [jalan] dengan pihak Polda Riau. Memang jalan yang menjadi lintasan para pebalap banyak yang rusak. Tapi sudah dilapisi [tempel] aspal sekitar setebal 3 centimeter," kata Sandi kepada Gatra.com.

Dari hasil pengecekan, lanjut Sandi, jalan yang banyak ditambal di wilayah perbatasan Kabupaten Siak dengan Pelalawan.

"Iya, contohnya di situ. Walau tidak sempurna, tapi sudah layak lah untuk rute Tour de Siak. Kondisi jalan itu juga jadi tantangan tersendiri bagi para pebalap," ujarnya.

Baca JugaWakabidkum ISSI Lepas Rombongan Tour de Siak Keliling Kota Istana

Sandi juga mengatakan, semua pebalap ikut berpacu pada etape kedua ini. Tidak ada yang gugur dan cidera, semua berjalan lancar.

"Tapi kita tidak tahu untuk etape ketiga besok. Sebab etape kedua ini agak panjang lintasannya. Semoga saja besok para pebalap juga utuh untuk berpacu di etape ketiga," katanya.

203