Home Olahraga World Tour Finals 2022: Masuk Grup Berat, Apriyani/Fadia Tambah Pengalaman dan Siap Hadapi Lawan

World Tour Finals 2022: Masuk Grup Berat, Apriyani/Fadia Tambah Pengalaman dan Siap Hadapi Lawan

Jakarta, Gatra.com - Wakil Indonesia untuk nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti masuk dalam Grup B pada ajang Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2022 yang digelar mulai hari ini, Rabu (7/12) hingga Ahad (11/12) mendatang. Pelatih ganda putri, Eng Hian atau akrab disapa Didi mengatakan undian yang menempatkan Apriyani/Fadia di grup berat adalah sesuatu yang bagus untuk pengalaman.

"Menurut saya, hasil undian ini bagus untuk Apri/Fadia terutama untuk Fadia sebagai pengalaman. Karena saat ini yang dibutuhkan mereka adalah bertanding dengan pemain-pemain top," ucap Didi dalam rilis yang diterima Gatra.com, dikutip Rabu (7/12).

Baca juga: Greysia Pamit dari Bulutangkis, Penuh Haru dan Kenang Memori Final Piala Uber di Istora Senayan

Sebagai informasi, gelaran World Tour Finals 2022 ini menjadi yang pertama bagi Fadia. Sementara, Apriyani telah berlaga di empat gelaran World Tour Finals sebelumnya bersama Greysia Polii, dan tahun ini menjadi penampilan kelimanya.

Didi tidak membantah bahwa persaingan di grup B akan lebih ketat dibanding grup A, tapi ia menegaskan Apri/Fadia sudah mempersiapkan semuanya.

"Kalau ditanya apakah mau berada di grup sebelah, pasti mau. Tapi ingat ini World Tour Finals, delapan pasangan yang hadir adalah yang terbaik. Walau memang di grup B semua pasangan sedang berada di tren positif dan sudah menjuarai turnamen level-level atas, Apri/Fadia harus mempersiapkan diri baik secara mental, taktik dan strategi," terangnya.

Apri/Fadia berada di grup B bersama lawan-lawan berat yakni Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Chen/Jia sendiri menduduki peringkat pertama dunia saat ini, sementara Pearly/Thinaah merupakan pemenang French Open 2022 lalu dan berhasil mengalahkan Apri/Fadia di babak 32 besar.

Selain itu, pemenang Australia Open 202, Zhang/Zheng juga menjadi lawan yang patut diwaspadai sebab pernah dua kali berhadapan di final (Singapore Open 2022 dan Malaysia Open 2022) melawan Apri/Fadia melalui skor ketat.

Sementara grup A dihuni Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea), Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand), Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia) dan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand).

Hari ini, Rabu (7/12), Apri/Fadia membuka laga dengan menghadapi Pearly/Thinaah asal Malaysia. Berlaga di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Apri mengaku sudah mempersiapkan diri menghadapi lawannya.

"Melawan Pearly/Thinaah besok di laga pembuka, kita sudah mempelajari apa kesalahan kita di laga sebelumnya. Kita akan terus bagaimana di lapangan bisa bermain pintar, mengganti pola dengan cepat, inisiatif dan konsisten. Mereka pasangan yang taktis jadi kita harus cari celahnya. Belum lagi lapangan yang kondisinya berangin," ujar Apri.

Apri menyebutkan bahwa ia akan berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Senada, Fadia pun mengaku akan berusaha siap dan yakin dalam menghadapi pertandingan ke depan.

"Saya harus main lebih safe, tidak boleh banyak mati sendiri dan percaya akan kemampuan diri sendiri. Kita sudah sering bertemu dengan semua lawan di grup ini.  Kita harus lebih siap," ucap Fadia.

Selain Apri/Fadia, enam wakil Indonesia lainnya juga akan tampil di hari ini. Jadwal lengkap pemain Indonesia:

Court 1:

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Peraly Tan/Muralitharan Thinaah (Match 2)

Jonatan Christie vs Anthony Sinisuka Ginting (Match 4)

Court 2:

Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yufei (Match 4)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Match 5)

Rinov Rivaldy/Pitha H. Mentari vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Match 9)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Match 10)

42