Home Kebencanaan Angin Kencang Guncang Grobogan, 3 Rumah Tumbang

Angin Kencang Guncang Grobogan, 3 Rumah Tumbang

Grobongan, Gatra.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah,  mencatat 10 rumah warga mengalami kerusakan. Rincian kerusakan mencakup rumah rusak berat 3 unit, dan rusak ringan 7. Selain kerusakan, fenomena angin kencang berdampak pada 10 KK. Tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa ini.

Merespons kejadian ini, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Grobogan telah membantu warga terdampak. BPBD dan petugas TNI dan Polri bersiaga untuk mendata dan memastikan warga terdampak terlayani dengan baik. Tim gabungan juga bergotong royong membersihkan puing dan menata kembali rumah mereka yang terdampak angin kencang.

Merujuk pada informasi prakiraan cuaca BMKG hingga Kamis (15/12) beberapa wilayah di Jawa Tengah masih berpeluang hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, dilihat dari analisis kajian inaRISK, wilayah Kabupaten Grobogan memiliki potensi bahaya cuaca ekstrem kategori sedang hingga tinggi.

Menyikapi hal tersebut, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

"Selalu tetap waspada dan hati-hati," katanya.

Perlu diketahui, angin kencang mengakibatkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan pada Senin (12/12), pukul 18.30 WIB. Peristiwa ini terjadi di Desa Karangsono, Desa Cekel, Desa Telawah dan Desa Jeti, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. (Gatra/Suci)

78