Home Regional Cuaca Ekstrem Porak-porandakan Pesisir Kota Tegal

Cuaca Ekstrem Porak-porandakan Pesisir Kota Tegal

Tegal, Gatra.com - Kawasan pesisir Kota Tegal, Jawa Tengah porak-poranda akibat cuaca ekstrem, Sabtu (31/12). Belasan warung dan tembok di sejumlah tempat wisata rusak diterjang ombak besar dan angin kencang.

Kerusakan tersebut antara lain terjadi di Pantai Muarareja, Pantai Pulau Kodok, dan Pantai Alam Indah. Di Pantai Muarareja, Kecamatan Tegal Barat dan Pulau Kodok, Kecamatan Tegal Timur warung-warung yang berderet di pinggir pantai ambruk setelah hujan lebat, ombak besar dan kencang melanda pada Sabtu pagi.

Adapun di objek wisata PAI, Kecamatan Tegal Timur tembok pembatas pantai dengan jalur untuk jogging roboh dan poran-poranda. Untungnya, tidak ada korban dari wisatawan yang saat kejadian berada di lokasi.

"Selain di PAI dan Pulau Kodok, laporan sementara dampak kerusakan, ada kabel listrik yang roboh menimpa warung di Pantai Komodo dan Pantai Batamsari rusak," ujar Lurah Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Amin Suseno, Sabtu (31/12).

Baca Juga: Dua Nelayan Kabupaten Tegal Hilang Diamuk Cuaca Buruk

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, hasil pendataan di lapangan, ada belasan warung di kawasan tempat wisata pantai yang rusak karena ombak besar dan angin kencang.

"Di Pantai Muarareja ada 10 warung di pinggir pantai yang rusak, di Pulau Kodok ada sembilan, dan di PAI tembok pembatas pantai dan jalur pedestrian roboh," ujar Rahmad saat meninjau kawasan PAI, Sabtu (31/12).

Menurut Rahmad, panjang tembok pembatas di kawasan PAI yang roboh sekitar 40 meter. Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Kerugian nanti dinas terkait yang menghitung. Untuk korban jiwa tidak ada," ujarnya.

Rahmad mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di kawasan-kawasan wisata, terutama yang ada di pinggir pantai. Sebab cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

"Kami patroli terus dan tempatkan anggota. Warga yang datang untuk berwisata juga kami imbau untuk berhati-hati karena cuaca sedang tidak bersahabat dan ombaknya besar," ujarnya.

Rahmad juga mengimbau agar warga pada malam tahun baru lebih baik tetap berada di rumah. Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat akan mengguyur wilayah Tegal pada Sabtu sore hingga tengah malam. 

"Kami juga antisipasi terkait kemungkinan dampaknya pada hari berikutnya," ujarnya.

240