Home Nasional Tutup Masa Sidang DPR, Puan: Kawal Proses Pemilu 2024

Tutup Masa Sidang DPR, Puan: Kawal Proses Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menutup Masa Sidang II Tahun Sidang 2022-2023 DPR RI. Puan mengajak seluruh pihak untuk mengawal proses Pemilu 2024 yang mulai berlangsung.

Rapat yang dihadiri secara luring 92 orang anggota dewan dan 240 orang secara daring ini membahas persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 yang prosesnya sudah mulai berjalan di tengah Pidato Penutupan Masa Sidang.

Baca Juga: DPR Setujui 39 RUU Prolegnas, Ini Daftarnya

“Menjadi tugas kita bersama untuk mengawal pelaksanaan pemilu dapat berlangsung secara baik, jujur dan adil,” ujar Puan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12).

Puan menyampaikan, Pemilu adalah upaya untuk menyempurnakan penyelenggaraan negara yang demokratis.

Oleh karena itu, konstitusi dan UUD 1945 telah memberikan jaminan menyempurnakan demokrasi melalui pelaksanaan pemilu secara periodik untuk dapat menyelenggarakan prinsip checks and balances atas kekuasaan negara dalam membangun peradaban demokrasi agar Indonesia semakin maju.

“Diperlukan Pelaksanaan Pemilu yang berkualitas. Dibutuhkan Partai Politik peserta Pemilu yang semakin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat dan senantiasa memegang teguh komitmennya untuk menjaga dan mengawal ideologi bangsa dan memperkukuh Persatuan Bangsa,” tuturnya.

Usai penutupan masa sidang DPR hari ini, anggota dewan akan mulai memasuki masa reses dari tanggal 16 Desember 2022 sampai dengan tanggal 9 Januari 2023.

Baca Juga: Paripurna DPR Sahkan UU PPSK, OJK Mulai Urusi Kripto hingga Koperasi

Selama masa reses, Puan meminta anggota dewan untuk menyapa, mendengarkan, dan menyerap aspirasi rakyat, menjelaskan tugas-tugas konstitusional yang telah dilaksanakan DPR RI, serta mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong untuk membangun Indonesia.

“Selamat memasuki masa reses dan sapalah rakyat dengan gembira. Saya juga ingin mengucapkan Selamat Hari Natal bagi yang merayakannya dan Selamat Tahun Baru 2023 bagi kita semua,” katanya.

99