Home Sumbagsel Jelang Nataru, Wawako Palembang: Stok Beras Aman Hingga Juni 2023

Jelang Nataru, Wawako Palembang: Stok Beras Aman Hingga Juni 2023

Palembang, Gatra.com - Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Finda) bersama dengan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang Zulkifli melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bulog guna memastikan ketersedian bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2023 pada Rabu (14/12).

Finda mengatakan jika sidak tersebut adalah untuk memastikan stok pangan seperti beras, gula dan minyak masih aman. "Tadi kita sudah turun ke Bulog, kita tanyakan bagaimana dengan beras, gula dan minyak, sudah aman," katanya kepada Gatra.com.

Finda mengatakan stok pangan jenis beras diperkirakan akan tersedia sampai tahun panen Juni 2023 nanti. Hal itu, menurut dia, berdasarkan data Bulog. Bahkan, Bulog memastikan untuk wilayah Sumsel dan Bangka Belitung (Babel) sampai panen Juni 2023 aman tercukupi.

"Walaupun ada berbagai persoalan, seperti masalah pupuk dan sebagainya, panen kita tetap bisa mencukupi. Jadi tidak perlu khawatir untuk menghadapi natal dan tahun baru, semuanya sudah relatif aman. Baik ketersediaan pangan sendiri maupun keamanan pangan itu sendiri," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BBPOM Kota Palembang Zulkifli mengatakan kegiatan serupa sidak semacam ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh BBPOM dan dipantau langsung oleh Pemko Palembang. Adapun target sidak antara lain adalah distributor makanan, swalayan dan supermarket.

"Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BBPOM untuk pengawasan pangan menuju hari-hari besar. Kita hari ini turun ke Bulog sebagai distributor pemerintah. Kita akan cek secara rutin. Kita juga melakukan ini di beberapa kabupaten/kota di Sumsel," ujarnya.
 

81