Home Sumbagsel Libur Nataru, Diprediksi Ada 13 Ribu Lonjakan Kendaraan di Tol Kayuagung

Libur Nataru, Diprediksi Ada 13 Ribu Lonjakan Kendaraan di Tol Kayuagung

Kayuagung, Gatra.com - Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, diprediksi lonjakan volume yang melintas di jalan Tol Trans Sumatera, khususnya ruas Tol Kayuagung-Palembang akan meningkat. Diperkirakan akan ada 13.000 lebih kendaraan yang melintas di tol selama periode 22 Desember sampai 4 Januari 2023.

Manager Operasi PT Waskita Sriwijaya Tol, Sabdo Hari Mukti, mengatakan, volume kendaraan ini meningkat sebanyak 10% dari hari biasanya. "Jumlah kendaraan meningkat pada puncak arus mudik Nataru, yakni di hari H perayaan Natal. Adanya lonjakan ini ditambah dengan alasan libur sekolah juga," ujarnya Senin (19/12).

Sabdo menambahkan, puncak mudik Nataru diprediksi terjadi pada tanggal 24 sampai 25 Desember. Sedangkan, untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi ditanggal 1- 3 Januari tahun 2023.

"Untuk antisipasi lonjakan volume, kita akan mengoperasikan satu gerbang, yaitu gerbang Tol Kramasan yang terdiri dari dua gardu masuk dan dua gardu keluar. Sehingga total 4 gardu serta difasilitasi 8 mobile reader dan 8 alat top up kartu uang elektronik," bebernya.

Tak hanya itu, untuk ruas tol Kayuagung-Palembang selama arus mudik Nataru ini menyediakan satu rest area yang terdapat di KM 360 B. Dengan fasilitas yang disiapkan antara lain masjid; parkir golongan 1 dengan kapasitas 50 kendaraan; toilet 2 unit permanen dan 4 unit portabel. Juga disiapkan tenant UMKM.

"Selama Nataru ini kita juga mensiagakan armada dan personil sebanyak 90. Termasuk menyiapkan 1 rescue, 40 unit PJR, 4 unit patroli jalan tol. Ada juga armada siaga 20 kendaraan, dua unit ambulance, empat unit derek," tutup Sabdo.

41