Home Pendidikan Respon MBKM, Kalbis Institute Siap Kirim Mahasiswa Magang ke Luar Negeri

Respon MBKM, Kalbis Institute Siap Kirim Mahasiswa Magang ke Luar Negeri

Jakarta, Gatra.com- Peluang mahasiswa untuk magang di luar negeri makin terbuka. Kini Kalbis Institute meluncurkan program yang ditujukan agar para lulusan siap terjun langsung ke dunia kerja.

Head of International Office Kalbis Institute, Natalia Faradheta Putri menyebut, pihaknya membuka peluang mahasiswa Kalbis untuk bisa magang di perusahaan besar di Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan di beberapa negara di Asia.

Program ini bisa terwujud atas kerjasama yang dilakukan kampus dengan Star4hire. Natalia menyebut, langkah ini membuka peluang magang internasional bagi para mahasiswa.

"Kami juga melihat bahwa magang merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja," ujar Natalia dalam keterangannya, Senin (19/12).

Ia juga menyebut, pengalaman internasional bagi mahasiswa menjadi hal penting. Sebab selain sebagai plus point dalam melamar pekerjaan, juga dapat membentuk pribadi yang resilient dan fleksibel.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan dilatih untuk menunjukkan performance dengan standar internasional dan berinteraksi di lingkungan multikultural.

“Sehingga nantinya lulusan Kalbis memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja di perusahaan multinasional atau bahkan di luar negeri,” kata Natalia.

Sementara itu, Founder Star4hire, Sapto Priantomo, juga menyebut langkah yang dikolaborasikan ini sebagai respon dari program Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, yang menginginkan adanya program Kampus Merdeka.

Momentum Kampus Merdeka pun harus dimanfaatkan. Sehingga kedepan, makin banyak talenta-talenta Indonesia yang berkarir dan bersaing di level dunia.

"Ini adalah program percepatan karena mahasiswa akan memiliki sebuah career mapping yang jelas mulai dari mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mendapatkan pengalaman dan peluang kerja di level internasional ” Ujar Sapto Priantomo.

47