Home Apa Siapa Penasihat Medco Group Prof. Subroto Berpulang, Tokoh Energi Berjuluk “The Wise Minister”

Penasihat Medco Group Prof. Subroto Berpulang, Tokoh Energi Berjuluk “The Wise Minister”

Jakarta, Gatra.com – Penasihat PT Medco Energy International Tbk Prof. Dr. Subroto tutup usia pada Selasa, 20 Desember 2022. Prof. Subroto mengembuskan napas terakhir di usia 99 tahun setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta. Prof. Subroto merupakan tokoh besar Indonesia yang berjasa bagi perkembangan dunia energi dan sumber daya mineral.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi RI selama dua periode (1978-1988), Menteri Transmigrasi dan Koperasi (1971-1973), Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi (1973-1978), dan pernah menjabat Sekretaris Jenderal Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC (1988-1994).

Prof. Subroto yang menyandang gelar terakhir Letnan Dua (Purn.) ini lahir pada 19 September 1923. “Tokoh Minyak Indonesia Segala Zaman” ini berasal dari Surakarta. Beliau dikenal sebagai tokoh yang mengabdikan diri secara totalitas di bidang perminyakan. Gelar Profesor didapatkannya dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1965. Terakhir, Prof. Subroto juga memperoleh gelar Doktor Honoris Causa bidang Hukum dari University of Alaska Anchorage (UAA), Alaska, Amerika Serikat.

“Sejak bergabung di Medco Group, almarhum banyak memberikan ide dan nasehat bagi Perusahan sehingga mampu berkiprah di level nasional dan internasional,” tulis manajemen Medco Group dalam keterangan tertulisnya.

Di tingkat global, Prof. Subroto dikenal sebagai The Wise Minister Subroto from Indonesia. Julukan yang diberikan karena kearifan serta visinya yang hati-hati dalam pengelolaan minyak di kalangan negara-negara OPEC. Prof. Subroto juga tercatat memegang sejumlah posisi penting di sejumlah organisasi.

Ia pendiri sekaligus Ketua dari BIMASENA, Perkumpulan Masyarakat Pertambangan dan Energi, Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Indonesian Institute of Energy Economics (IIEE), Ketua Dewan Pembina Yayasan Bangun Bina Anak Indonesia, Ketua Dewan Penasehat Indonesian Mining and Minerals Research Institute (IMMRI), Ketua Dewan Pengawas Ikatan Keluarga Akademi Militer (IKAM) dan Dewan Penasehat ASPERMIGAS.

“Manajemen dan Keluarga Besar Medco Grup berduka cita yang sedalam-dalamnya dan akan sangat kehilangan Beliau. Jasa dan suri teladan yang Beliau tunjukkan akan selalu menjadi panutan bagi kami,” ujar Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro.

72